AirPods kamu mati sebelah atau tidak berfungsi? Begini 7 cara memperbaikinya

AirPods kamu mati sebelah atau tidak berfungsi? Begini 7 cara memperbaikinya

Techno.id - Kamu mungkin pernah mengalami saat menggunakan AirPods, namun hanya salah satu yang berfungsi, baik sebelah kanan atau kiri. Tentu saja sangat tidak nyaman jika hanya satu AirPods yang mengeluarkan suara.

Jika salah satu AirPods tiba-tiba berhenti berfungsi, jangan buru-buru menganggap ini adalah masalah perangkat keras. Ada beberapa penyebab yang membuat salah satu AirPods tidak berfungsi. Berikut langkah-langkah pemecahan masalah tersebut.

1. Periksa baterai AirPods

AirPods kamu mati sebelah atau tidak berfungsi? Begini 7 cara memperbaikinya foto: freepik/louish

Ada kemungkinan salah satu AirPods kamu berhenti berfungsi karena kehabisan baterai. Setiap AirPod memiliki daya baterainya sendiri, dan saat habis, AirPod tersebut akan berhenti berfungsi. Kamu harus memeriksa level baterai setiap AirPod untuk melihat apakah itu masalahnya.

Masukkan kembali kedua AirPods ke dalam wadah pengisi daya dan biarkan terisi daya setidaknya selama 30-60 detik atau hingga beberapa menit. Kemudian, buka casing dan pegang di dekat iPhone kamu untuk melihat pop-up baterai. Atau, dengan casing terbuka, gunakan aplikasi Pengaturan untuk melihat level baterai AirPods. Ingatlah bahwa casing AirPods kamu juga memiliki baterainya sendiri. Agar ini berfungsi, pastikan casing AirPods juga terisi penuh.

2. Mulai ulang perangkat yang terhubung

AirPods kamu mati sebelah atau tidak berfungsi? Begini 7 cara memperbaikinya foto: freepik/user4836439

Setelah kamu memeriksa level baterai AirPods dan memastikannya terisi daya, sekarang saatnya untuk mem-boot ulang perangkat yang kamu gunakan dengan AirPods.

Kemungkinan ada masalah dengan perangkat yang terhubung, seperti komputer atau ponsel cerdas kamu, yang menyebabkan salah satu AirPods kamu terputus. Dalam hal ini, mem-boot ulang mungkin yang kamu perlukan untuk memperbaiki AirPod yang tidak berfungsi.

Mulai ulang iPhone, komputer Windows, perangkat Android, atau Mac yang kamu gunakan dengan AirPods. Setelah perangkat dihidupkan dan Bluetooth diaktifkan, periksa apakah kedua AirPods kamu terhubung dan berfungsi kembali dengan baik.

3. Sesuaikan keseimbangan audio di perangkat

AirPods kamu mati sebelah atau tidak berfungsi? Begini 7 cara memperbaikinya foto: tangkapan layar/techno.id/yani andriyansyah

Sebagian besar perangkat memungkinkan kamu mengatur level volume untuk setiap AirPod satu per satu. Jika kamu telah mengubah penyesuaian ini dan mengalihkan audio hanya ke salah satu AirPods, mungkin itu sebabnya kamu tidak mendengar suara apa pun dari AirPods lainnya. Bisa juga mengapa satu AirPod terdengar lebih keras dari yang lain saat keduanya bekerja.

Untuk menyesuaikan keseimbangan audio AirPods di iPhone, buka Pengaturan > Aksesibilitas dan gulir ke bawah hingga kamu melihat bagian Pendengaran. Kamu akan melihat penggeser dengan huruf L di sebelah kiri dan R di sebelah kanan. Sesuaikan penggeser ini sehingga penanda berada di tengah. Ini memastikan kedua AirPods kamu memutar suara pada volume yang sama.

Untuk menyesuaikan keseimbangan audio AirPods di Android, buka aplikasi Pengaturan dan cari Aksesibilitas. Buka bagian itu dan temukan penggeser keseimbangan audio. Pastikan indikator berada di tengah penggeser sehingga AirPods kiri dan kanan kamu berada pada level audio yang sama.

Di Mac, kamu dapat menyesuaikan keseimbangan audio AirPods dengan membuka Pengaturan Sistem > Suara dan memilih tab Keluaran. Kemudian, pastikan AirPods kamu dipilih dan setel penggeser Keseimbangan ke tengah.

Kamu dapat menyesuaikan keseimbangan audio AirPods di Windows 11 dengan membuka Pengaturan > Sistem > Suara. Kemudian, pilih AirPods kamu dari daftar perangkat keluaran dan sesuaikan penggeser saluran Kiri dan saluran Kanan agar sama.

4. Coba AirPods dengan perangkat lain

AirPods kamu mati sebelah atau tidak berfungsi? Begini 7 cara memperbaikinya foto: apple

Tidak selalu AirPods kamu yang bermasalah. Terkadang, salah satu AirPods berhenti berfungsi karena ada masalah dengan ponsel cerdas atau komputer kamu. Dalam hal ini, coba gunakan AirPods kamu dengan perangkat yang lain dan lihat apakah kamu dapat mendengar audio di kedua AirPods.

Jika kedua AirPods berfungsi dengan baik di perangkat lain, kamu tahu masalahnya ada pada perangkat utama, dan kamu harus memperbaikinya.

(brl/red)