9 Tips untuk membuat baterai smartphone kamu lebih awet

9 Tips untuk membuat baterai smartphone kamu lebih awet

Techno.id - Dengan perangkat yang semakin besar, layar yang semakin tajam, dan ponsel yang semakin tipis, satu hal yang tidak menjadi lebih baik adalah daya tahan baterai smartphone. Meskipun pengguna telah beralih dari CPU dual core ke CPU deca-core, dari kamera 2MP ke kamera 20 MP, resolusi HD ke resolusi 4K, kapasitas baterai masih bertahan di kisaran rata-rata 3000 hingga 5000mAH.

Jika kamu adalah pengguna berat smartphone, mendapatkan 3 hingga 4 jam SOT (Screen On Time, total waktu layar ponsel benar-benar aktif menggunakannya) adalah hal yang sangat besar.

Belum lagi jumlah aplikasi yang terinstal di dalam smartphone, tentu saja membutuhkan konsumsi daya yang cukup besar. Berikut beberapa tips untuk meningkatkan daya tahan baterai pada perangkat Android.

1. Redupkan kecerahan layar

9 Tips untuk membuat baterai smartphone kamu lebih awet foto: freepik/rawpixel.com

Apa pun ponsel yang kamu gunakan, hal pertama yang akan muncul di halaman statistik baterai adalah layar. Jangan pernah menggunakan kecerahan layar terlalu terang. Cara ini akan sangat membantu daya tahan baterai dalam jangka panjang.

2. Kurangi waktu penguncian otomatis

9 Tips untuk membuat baterai smartphone kamu lebih awet foto: freepik/pressfoto

Sekali lagi, karena layar adalah musuh terbesar bagi baterai, menjaga agar layar tidak aktif sebanyak mungkin adalah hal yang paling penting. Buka Pengaturan > Tampilan dan ubah durasi Tidur menjadi sesingkat mungkin, 15 detik adalah waktu yang baik.

3. Fitur konektivitas

9 Tips untuk membuat baterai smartphone kamu lebih awet foto: freepik/tascha1

Wifi, Bluetooth, GPS, dan data selular adalah beberapa alasan utama mengapa daya tahan baterai tidak sesuai dengan harapan. Banyak orang membiarkannya menyala sepanjang hari. Mematikannya saat tidak diperlukan akan sangat meningkatkan daya tahan baterai.

Kamu juga dapat menggunakan mode Pesawat untuk mematikan semuanya dalam satu klik. Mode pesawat terbang tidak hanya untuk saat kamu mengudara. Misalnya, saat kamu bepergian, koneksi jaringan selular tidak selalu stabil, ponsel akan terus berusaha mendapatkan koneksi terbaik. Dalam prosesnya, kamu akan kehilangan banyak daya baterai. Jika kamu tidak benar-benar membutuhkannya, Anda mungkin juga dapat mengaktifkan Mode Pesawat dan menghemat baterai.

4. Nonaktifkan getaran

9 Tips untuk membuat baterai smartphone kamu lebih awet foto: freepik/yganko

Mode getar sangat diperlukan banyak orang di tempat kerja. Misalnya, kamu tidak dapat memiliki nada dering favorit saat sedang rapat dengan atasan. Dalam kasus seperti itu, mode getar cukup beralasan digunakan.

Getaran dibuat pada ponsel oleh motor getaran yang tidak benar-benar ramah baterai. Tetapi jika kamu tidak membutuhkannya, sebaiknya mempertimbangkan untuk mematikannya.

5. Pilih Wifi daripada data selular

9 Tips untuk membuat baterai smartphone kamu lebih awet foto: freepik/jiffyavril

Ini adalah hal kecil tetapi penghematan baterai benar-benar besar. Wifi menggunakan baterai yang jauh lebih sedikit dibanding data seluler. Kamu harus mempertimbangkan untuk menggunakan Wifi daripada data seluler jika memungkinkan.

(brl/red)