9 Tips dan trik mengisi daya ponsel Android agar lebih cepat, jangan pakai adaptor abal-abal

9 Tips dan trik mengisi daya ponsel Android agar lebih cepat, jangan pakai adaptor abal-abal

Techno.id - Kamu mungkin pernah panik ketika baterai ponsel hampir habis. Padahal masih banyak aktivitas online yang harus kamu kerjakan. Jika sudah begitu, kamu harus segera mengisi ulang baterai ponsel agar aman dan nyaman digunakan. Meski saat ini hampir semua ponsel baru menyertakan adaptor pengisi daya cepat (fast charging), namun seringkali kebiasaan buruk pengguna saat menggunakan ponsel atau mengisi daya membuat adaptor tersebut kurang efektif digunakan.

Padahal adaptor fast charging dikombinasikan dengan kabel dengan soket USB-C tujuannya untuk mempercepat waktu pengisian daya. Berikut tips dan trik agar pengisian daya ponsel Android kamu lebih cepat.

1. Aktifkan mode pesawat

9 Tips dan trik mengisi daya ponsel Android agar lebih cepat, jangan pakai adaptor abal-abal foto: techno.id/yani andriyansyah

Salah satu hal yang paling menyedot daya baterai adalah sinyal jaringan. Sebagai aturan umum, semakin buruk sinyal, semakin cepat baterai terkuras. Jika kamu tinggal di daerah dengan sinyal yang buruk, mengisi daya ponsel membutuhkan waktu lebih lama daripada mereka yang tinggal di tempat dengan sinyal yang kuat. Buruknya sinyal akan memakan daya saat diisi ulang.

Salah satu solusinya adalah dengan menempatkan ponsel kamu dalam Mode Pesawat sebelum diisi ulang. Beberapa pengujian menunjukkan bahwa hal ini dapat mengurangi waktu yang dibutuhkan untuk mengisi daya hingga penuh sebanyak 25%.

Untuk mengalihkan ponsel ke Mode Pesawat, cukup usap ke bawah pada bilah notifikasi dan ketuk ikon Mode Pesawat. Atau kamu bisa masuk ke Pengaturan > Jaringan dan Internet > Mode pesawat. Pastikan kamu mematikannya lagi setelah baterai penuh.

2. Matikan ponsel

9 Tips dan trik mengisi daya ponsel Android agar lebih cepat, jangan pakai adaptor abal-abal foto: techno.id/yani andriyansyah

Cara ini sederhana tetapi sering diabaikan. Jika ponsel dimatikan saat sedang diisi ulang dayanya, ponsel akan mengisi daya lebih cepat. Tidak ada yang akan menguras baterai saat kamu mengisinya.

Tentu saja, mematikan ponsel saat sedang mengisi daya memiliki kekurangan. Kamu tidak akan dapat menerima panggilan atau pesan penting. Tetapi jika kamu ingin mengisi daya ponsel selama 15 menit sebelum meninggalkan rumah, mematikannya adalah cara yang tepat.

3. Batasi penggunaan ponsel saat mengisi daya

9 Tips dan trik mengisi daya ponsel Android agar lebih cepat, jangan pakai adaptor abal-abal foto: freepik/rawpixel

Satu lagi kebiasaan buruk yang sering dilakukan pengguna. Ponsel tetap dimainkan saat pengisian daya. Apalagi jika kamu menggunakan aplikasi intensif seperti game, akan memanaskan ponsel. Akibatnya akan memperlambat proses pengisian daya dan merusak baterai dalam jangka panjang.

Karena itu biasakan untuk membatasi penggunaan ponsel saat sedang pengisian daya. Sebab menggunakan ponsel saat sedang mengisi daya akan memperlambat proses pengisian daya.

Selain itu paparan yang terlalu lama pada suhu ekstrem juga menjadi salah satu kesalahan umum yang dapat merusak ponsel. Karena itu tahan keinginan untuk bermain game, menonton video, atau menelusuri media sosial saat ponsel ditambatkan ke pengisi daya.

4. Pastikan mode pengisian daya diaktifkan

9 Tips dan trik mengisi daya ponsel Android agar lebih cepat, jangan pakai adaptor abal-abal foto: unsplash/yogas design

Perangkat Android memungkinkan kamu menentukan jenis koneksi dengan mencolokkan kabel USB. Jika kamu mengisi daya menggunakan laptop atau perangkat lain, kamu harus memastikan fitur pengisian daya diaktifkan dan tidak dinonaktifkan secara tidak sengaja.

Buka Pengaturan > Perangkat yang tersambung > Preferensi USB. Pada daftar pilihan, pastikan sakelar Charge connected device (Isi daya perangkat yang tersambung) diaktifkan.

(brl/red)