3 Hal yang harus dihindari ketika port USB ponsel kamu basah

3 Hal yang harus dihindari ketika port USB ponsel kamu basah

Techno.id - Kamu mungkin sudah mengetahuimetode untuk mengeringkan port USB ponsel. Namun saat port USB ponsel kamu terkena cairan,ada beberapa hal yang harus kamu hindari agar tidak menimbulkan masalah tambahan.

Berikut ini adalah hal-hal terpenting yang harus dihindari ketika port USB ponsel kamu lembap.

1. Jangan mengisi daya ponsel

3 Hal yang harus dihindari ketika port USB ponsel kamu basah foto: freepik/pvproductions

Hal terpenting yang harus selalu dihindari ketika port USB basah adalah jangan mengisi daya ponsel. Sebagian besar pesan peringatan pada ponsel cerdas akan memberitahu kamu untuk tidak mengisi daya ponsel saat ada kelembapan di port USB.

Sebab menghubungkan ponsel ke sumber daya listrik sangat berbahaya jika terdapat uap air pada port koneksi. Meskipun daya baterai ponsel hampir habis, kamu harus mengeringkannya sebelum mengisi ulang.

2. Jangan meniup port USB ponsel

3 Hal yang harus dihindari ketika port USB ponsel kamu basah foto: freepik/master1305

Ketika ada air di dalam port USB, biasanya salah satu naluri pertama yang mungkin kamu lakukan adalah dengan meniupnya. Tujuannya sih untuk mengeringkannya. Tetapi cara tersebut tidak disarankan. Sebab selain tidak efektif, kekuatan napas kamu justru dapat mendorong air lebih jauh ke dalam port USB.

3. Jangan mengguncang ponsel

3 Hal yang harus dihindari ketika port USB ponsel kamu basah foto: freepik/jcomp

Satu lagi cara salah yang sering dilakukan Ketika port USB basah adalah dengan mengguncang ponsel. Cara tersebut tidak akan menghilangkan kelembapan dan tidak efektif.

Cara terbaik untuk mengeringkan port USB yang basah adalah dengan mengalirkan udara dingin, seperti yang disarankan di atas. Jadi, jangan menggoyangkan ponsel karena kemungkinan besar tidak akan banyak membantu.

(brl/red)