9 Langkah gunakan aplikasi MyPertamina untuk beli BBM, ternyata mudah

image

Techno.id - Bahan bakar minyak atau lebih dikenal dengan BBM merupakan komoditas besar di berbagai belahan dunia termasuk Indonesia. Terlebih saat ini keberadaan moda transportasi semakin bertambah. Bahkan BBM sangat dibutuhkan agar roda ekonomi masyarakat tetap berjalan baik.

Sebagai pihak regulator, Pemerintah Indonesia terus berjuang untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat. Melalui Badan Pengatur Hilir dan Gas Bumi (BPH Migas) dan Pertamina terdapat wacana untuk menyalurkan BBM jenis Pertalite maupun Bio Solar menggunakan aplikasi MyPertamina. Rencana tersebut mencuat agar penyaluran BBM bersubsidi tepat sasaran.

Program tersebut juga merupakan langkah Pertamina untuk merealisasikan Digitalisasi SPBU. Dengan program tersebut diharapkan Pertamina dapat memantau kondisi stok BBM, penjualan BBM dan transaksi pembayaran di SPBU. Realisasi dari blue print Digitalisasi SPBU adalah adanya aplikasi MyPertamina.

Platform MyPertamina diluncurkan agar konsumen mendapatkan kemudahan membeli produk-produk Pertamina dengan pembayaran non tunai atau cashless payment. Aplikasi MyPertamina sendiri telah terintegrasi dengan LinkAja dan berbagai lembaga perbankan lainnya.

Lalu bagaimana menggunakan aplikasi tersebut? Pada kesempatan ini Sabtu (18/6), techno.id akan memberikan 9 langkah gunakan aplikasi MyPertamina untuk beli BBM yang dirangkum dari laman resmi Pertamina.

Untuk mendapatkan aplikasi MyPertamina pengguna dapat mengunduh via Play Store maupun App Store. Setelah aplikasi terinstal silakan untuk melakukan registrasi dengan memasukkan identitas diri, nomor telepon yang aktif, dan PIN sejumlah enam digit. Kemudian aplikasi akan memberikan kode OTP melalui SMS agar akun MyPertamina aktif. Setalah itu silakan untuk login ke aplikasi dengan memasukkan nomor telepon dan PIN.

Bagi pengendara motor tentu perlu berhati-hati saat akan mengisi BBM. Terlebih konsumen sangat berdekatan dengan SPBU yang memiliki risiko kebakaran tinggi. Oleh karena itu, berikut langkah yang harus dilakukan untuk membeli BBM dengan MyPertamina:

Cara gunakan MyPertamina  berbagai sumber

foto: Liputan6.com/Johan Tallo

1. Jaga jarak antara motor dengan mesin pompa BBM sejauh 1,5 meter
2. Silakan untuk turun dari kendaraan dan berdiri pada tanda yang telah disediakan, tepatnya berseberangan dengan operator SPBU Pertamina
3. Operator SPBU Pertamina akan memberitahu jika posisi kendaraan sudah aman.
4. Pastikan aplikasi MyPertamina sudah terinstal pada perangkat yang digunakan dan telah terintegrasi dengan akun LinkAja
5. Silakan lakukan pengisian BBM
6. Kemudian minta QR code pembayaran dari operator SPBU Pertamina
7. Pilih menu "Bayar" pada aplikasi MyPertamina
8. Scan QR Code yang diberikan oleh operator SPBU Pertamina
9. Tunggu bukti pembayaran muncul dan status berhasil dari aplikasi.

Sedangkan bagi pengguna mobil juga harus memperhatikan cara pengisian BBM berikut ini, agar hal-hal yang tidak diinginkan tidak terjadi:

Cara gunakan MyPertamina  berbagai sumber

foto: Liputan6.com/Angga Yuniar

1. Silakan posisikan mobil di tempat parkir dekat mesin pengisian bahan bakar yang disediakan SPBU Pertamina
2. Pengendara mobil harus mematikan mesin dan berada di dalam kendaraan selama proses pengisian BBM berlangsung
3. Pastikan aplikasi MyPertamina sudah terpasang di perangkat dan terhubung dengan akun LinkAja
4. Silakan untuk melakukan pengisian BBM
5. Kemudian mintalah QR code pembayaran dari operator SPBU Pertamina
6. Pilih opsi Bayar pada aplikasi MyPertamina
7. Scan QR Code yang diberikan oleh operator SPBU Pertamina
8. Tunggu bukti pembayaran muncul dan status dinyatakan berhasil.

Itulah cara menggunakan aplikasi MyPertamina untuk melakukan pengisian bahan bakar kendaraan yang digunakan. Pada aplikasi tersebut pengguna juga diberikan berbagai fitur untuk membantu saat berkendara. Seperti adanya mengetahui lokasi SPBU terdekat, mengumpulkan poin yang dapat ditukarkan dengan hadiah.

(brl/tin)