5 Penyebab dan cara mudah atasi kode verifikasi WhatsApp tidak muncul

image

Techno.id - Adanya teknologi jaringan internet membuat seseorang dapat dengan mudah melakukan komunikasi. WhatsApp sebagai platform terbesar yang diandalkan masyarakat untuk melakukan panggilan suara. Selain itu, WhatsApp atau sering disingkat WA juga dapat digunakan untuk chatting bersama pengguna lain. Bahkan chattingan tersebut mempunyai fitur untuk dapat membagikan emoji, gif, maupun stiker bertema lucu ke penerima pesan.

Aplikasi WhatsApp yang saat ini dikembangkan oleh Meta ini mempunyai segudang fitur menarik untuk digunakan. Seperti dapat mengirimkan file foto, video, maupun dokumen secara cepat dan mudah. Tak hanya itu, WA juga mempunyai fitur membagikan story, sehingga kontak yang dimiliki mengetahui aktivitas maupun informasi lainnya.

Untuk mengakses WhatsApp pengguna dapat memakai nomor telepon yang dimiliki. Cukup memasukkan nomor lalu WhatsApp akan mengirimkan kode verifikasi. Setelah kode tersebut terkirim dan dimasukan ke aplikasi, maka WhatsApp sudah dapat digunakan.

Namun bagi pengguna baru atau pengguna yang berganti perangkat biasanya terdapat masalah yang menghampiri, yaitu kode verifikasi tidak muncul. Masalah tersebut seringkali menyebabkan pengguna bingung dan tidak dapat menggunakan WA saat itu juga. Oleh karena itu, techno.id pada Kamis (16/6) akan memberikan 5 penyebab dan cara mudah atasi kode verifikasi WhatsApp yang tidak muncul.

Kode verifikasi merupakan langkah dari pengembang WhatsApp untuk memberikan proteksi privasi kepada pengguna. Apabila kode verifikasi tidak muncul, berikut penyebab dari masalah tersebut.

1. Kartu telepon tidak aktif.

Verifikasi WA error  berbagai sumber

foto: pixabay.com

Proses verifikasi nomor WhatsApp memerlukan sebuah nomor telepon yang aktif. Terlebih proses verifikasi membutuhkan pulsa agar kode dapat dikirimkan. Cara WhatsApp untuk memverifikasi akun adalah mengirimkan SMS kepada pengguna. Apabila nomor telepon tidak aktif bahkan hangus menjadi penyebab verifikasi tidak masuk. Silakan pastikan bahwa nomor telepon aktif dan memiliki pulsa.

2. Tidak ada jaringan internet.

Verifikasi WA error  berbagai sumber

foto: pixabay.com

Penyebab utama dari kode verifikasi WhatsApp tidak muncul adalah tidak tersedianya jaringan internet pada perangkat yang digunakan. Semua layanan WhatsApp dilakukan dengan memanfaatkan jaringan internet. Apabila perangkat yang digunakan tidak terhubung dengan internet maka pelayanan dari WhatsApp tidak akan maksimal, termasuk dalam hal verifikasi. Pastikan perangkat telah terhubung dengan jaringan internet stabil sebelum mengakses WhatsApp.

3. Salah inputkan nomor telepon.

Verifikasi WA error  berbagai sumber

foto: pixabay.com

Kesalahan yang biasanya terjadi pada pengguna adalah salah memasukan nomor telepon. Ketika proses verifikasi dilakukan, nomor telepon dimasukan tanpa diawali dengan tanda "0". Pengguna cukup memasukan kode negara yang berlaku. Bagi negara Indonesia kodenya adalah "+62", sehingga pengguna langsung memasukan nomor dengan "+6289123456789", bukan "+620812345678". Pastikan nomor telepon yang dimasukan tidak terbalik atau salah, karena berbeda satu angka saja dapat menyebabkan kode verifikasi tidak muncul.

4. Pemblokiran panggilan

Verifikasi WA error  berbagai sumber

foto: pixabay.com

Masalah verifikasi juga dapat muncul karena ada pengaturan yang salah. Bagi pengguna perangkat baru atau seseorang yang berganti perangkat sering kali terjadi. Pastikan WhatsApp untuk dapat mengakses panggilan suara dengan memberikan izin.

5. Masuk dalam mode pesawat.

Verifikasi WA error  berbagai sumber

foto: pixabay.com

Mode pesawat membuat pengguna tidak memiliki akses internet maupun jaringan sinyal. Saat mode pesawat pesan maupun jaringan akan terhalangi, sehingga kode verifikasi tidak masuk ke perangkat. Oleh karena itu silakan matikan mode pesawat. Cara cukup mengganti toggle bertanda pesawat di pengaturan cepat perangkat dan tunggu hingga sinyal muncul.

Apabila WhatsApp masih tidak dapat diakses, silakan untuk melakukan langkah-langkah berikut ini:

1. Silakan untuk melakukan restart perangkat. Untuk memulai ulang perangkat, matikan telepon dan tunggu kurang lebih satu menit. Kemudian nyalakan kembali.

2. Copot dan pasang ulang aplikasi WhatsApp. Hal tersebut dilakukan agar pengguna mendapatkan versi aplikasi terbaru.

3. Pastikan nomor telepon telah mendapatkan sinyal maupun jaringan internet. Caranya dengan berbagai mengirimkan SMS biasa ke nomor telepon atau hanya sekedar akses browser.

Selain melalui SMS, WhatsApp juga dapat melakukan verifikasi via telepon. Pengguna akan ditelpon oleh operator dan diberikan kode verifikasi via suara. Opsi verifikasi via telepon akan muncul apabila cara lewat SMS tidak dapat dilakukan. Adapun batas waktu penerimaan kode adalah 10 menit setelah memasukan nomor telepon.


(brl/guf)