5 Fitur baru di aplikasi TikTok, penikmat live wajib bayar langganan

image

Techno.id - TikTok saat ini menjadi salah satu media sosial favorit pengguna smartphone di berbagai belahan dunia termasuk Indonesia. Keberadaannya membuat perubahan sebuah tren unggahan pengguna. Sebelumnya seseorang sering memposting sebuah foto terbaiknya. Namun berkat TikTok, pengguna bisa mengunggah video berdurasi pendek dengan kemudahan penyuntingan.

Awalnya TikTok hadir untuk menyajikan berbagai short video. Namun karena peminat aplikasi ini cukup tinggi, maka pihak developer terus mengembangkan agar sesuai dengan permintaan pengguna. Dari awal tahun hingga saat ini, TikTok telah memberikan beberapa penambahan fitur terbaru. Namun fitur-fitur baru tersebut masih dalam tahap uji coba maupun sudah dapat dipergunakan.

Salah satu fitur terbaru dari TikTok adalah Live Subscription. Fitur tersebut digadang-gadang mampu memberikan keuntungan bagi para konten kreator TikTok. Penasaran seperti apa fitur-fitur baru TikTok? Pada kesempatan ini Selasa (31/5) techno.id akan memberikan 5 fitur baru TikTok yang telah dirangkum dari berbagai sumber.

1. Live Subscription.

fitur baru TikTok  berbagai sumber

foto: pexels.com

Fitur paling baru yang tengah diuji coba oleh TikTok adalah Live Subscription. Fitur ini pada dasarnya seperti Twitch maupun member pada YouTube. Live Subscription memungkinkan para konten kreator melakukan live streaming lebih eksklusif kepada pengikutnya. Para followers yang telah menjadi member akan dapat memberikan komentar dan emoji khusus buatan kreator saat mode ini diaktifkan. Pengguna yang belum menjadi member tetap dapat menonton live kreator tersebut, namun dengan catatan aktivitas seperti komentar akan dibatasi.

2. Kredit video.

fitur baru TikTok  berbagai sumber

foto: pixabay.com

Fitur ini diberikan oleh developer TikTok setelah ada aksi mogok para konten kreator karena sebuah video yang viral tidak mencantumkan kredit. Fitur ini memungkinkan pengguna memberikan tag ke kreator asli sebagai bentuk atribusi. Cara memberikan kredit video ini sudah bisa dilakukan kala akan memberikan deskripsi video yang akan diunggah.

3. Branded Mission.

fitur baru TikTok  berbagai sumber

foto: pixabay.com

Branded Mission merupakan fitur yang memungkinkan TikTok untuk dijadikan media marketing. Dengan fitur ini para konten kreator dapat bekerja sama dengan sebuah perusahaan untuk membuat video iklan. Saat penyuntingan video, para konten kreator tentu diberikan kualifikasi khusus. Kemudian video iklan yang terbaik akan menjadi iklan brand tersebut dalam kurun waktu tertentu. Dengan fitur ini tentu memberikan tantangan tersendiri bagi para kreator TikTok. Namun dengan fitur ini, pengguna dapat memperoleh pundi-pundi uang secara adil.

4. Tab Friends.

fitur baru TikTok  berbagai sumber

foto: pixabay.com

Fitur Tab Friends merupakan pengembangan dari fitur Discover pada menu tools TikTok. Fitur ini memungkinkan pengguna dapat menemukan konten dari orang-orang yang terhubung dengan pengguna. Dengan fitur tersebut, pengguna dapat memilah konten apa saja yang ingin dilihatnya. Terlebih pengguna telah melakukan pertemanan. Maka dengan fitur ini bisa melihat berbagai konten orang yang telah diikuti.

5. Fitur game.

fitur baru TikTok  berbagai sumber

foto: pixabay.com

TikTok juga akan memberikan fitur untuk bermain game. Fitur tersebut tengah di uji coba di negara Vietnam. Fitur game pada TikTok direncanakan akan mulai diterapkan untuk pasar Asia Tenggara pada akhir tahun nanti. Fitur ini memungkinkan untuk pengguna dapat bermain game bersama user lain. Namun tentu game yang diterapkan hanya sebatas mini game saja. Dengan fitur game ini diharapkan pengguna tidak mudah bosan untuk mengakses TikTok.


(brl/guf)