11 Cara gunakan fitur anyar di Google Docs, miliki voice typing

image

Techno.id - Berkat kecanggihan sistem antarmuka sebuah piranti elektronik seperti smartphone, PC, maupun laptop, seseorang dapat mengerjakan berbagai tugas dengan cepat. Ada berbagai aplikasi yang dapat digunakan pengguna agar pekerjaannya cepat selesai. Sebagai contoh aplikasi untuk MS Word untuk melakukan pengetikan dokumen tertentu.

Namun selain MS. Office, terdapat platform untuk membantu para pekerja kantor cepat mengerjakan job desknya. Bahkan platform tersebut dapat digunakan untuk saling berbagi file kepada pengguna lain secara mudah. Aplikasi yang dimaksud adalah Google Docs.

Google Docs merupakan aplikasi yang memberikan layanan olah kata, lembar sebar, presentasi, formulir, dan penyimpanan data berbasis website gratis yang dikembangkan oleh Google. Platform tersebut mempunyai aneka ragam fitur yang membantu pengguna untuk menyelesaikan pekerjaannya.

Kali ini techno.id akan memberikan 11 cara menggunakan fitur Google Docs pada Selasa (14/6) yang dirangkum dari berbagai sumber. Yuk simak sampai habis cara berikut ini.

1. Voice typing.

Pada Google Docs terdapat fitur untuk mengetik dengan memanfaatkan suara. Hal tersebut memberikan kemudahan bagi pengguna terutama saat posisi sedang lelah. Fitur tersebut memanfaatkan mikrofon yang ada pada perangkat dan Ai Google Assistant. Untuk menggunakannya hanya perlu membuka menu Tools, kemudian klik Voice Typing. Akan ada sebuah pop-up dengan ikon mikrofon. Ketuk ikon tersebut dan mulai mengucapkan apa yang perlu dituliskan.

2. Clear formatting.

Clear formatting digunakan untuk menyamakan pengaturan font dan ukuran saat mempaste tulisan tertentu. Untuk menggunakannya cukup masuk format kemudian pilih Clean formatting. Setelah itu klik Normal text dari menu pull-down.

3. Memberikan font lain.

Fitur doc  berbagai sumber

foto: docs.google.com

Google Docs juga dapat menambahkan font lain. Caranya cukup pilih More fonts untuk menambahkan font baru ke menu tersebut. Ada ratusan font yang dapat dipilih dan diterapkan.

4. Suggestion Mode.

Fitur doc  berbagai sumber

foto: docs.google.com

Google Docs memberikan fitur untuk pengguna dapat mengedit dengan mode Suggestion. Dengan fitur tersebut pengguna dapat mengubah edit mode agar aplikasi dapat mencatat setiap perubahan yang terjadi. Bahkan oleh siapa perubahan dilakukan dapat diketahui. Untuk menggunakan fitur tersebut cukup klik menu bergambar pensil dibagian kanan atas. Kemudian klik Suggesting.

5. Menandai seseorang di komentar.

Pengguna dapat menandai seseorang dengan "@". Fitur tersebut digunakan untuk menarik perhatian seseorang di komentar sehingga orang tersebut mendapatkan notifikasi tersendiri.

6. Terdapat fitur Bookmark.

Fitur Bookmark dipakai untuk mengurangi pengguna scrolling di file yang panjang. Untuk menggunakan Bookmark di Google Docs cukup dengan masuk ke menu Insert kemudian pilih opsi Bookmark. Akan terdapat ikon Bookmark berwarna biru apabila fitur ini diaktifkan.

7. Masuk mode offline.

Fitur doc  berbagai sumber

foto: docs.google.com

Walaupun Google Docs merupakan sebuah platform berbasis dalam website yang membutuhkan internet, namun pengguna dapat mengakses secara offline. Caranya cukup masuk ke halaman utama Google Drive, kemudian buka ikon gear padan kanan atas layar dan pilih Settings. Centang box pada bagian Offline yaitu Sync Google Docs, Sheets, Slides & Drawing files.

8. Preferences mandiri.

Fitur doc  berbagai sumber

foto: docs.google.com

Bagi pengguna Google Docs terdapat fitur untuk melakukan pergantian secara sendiri. Caranya cukup buka Tools dan pilih menu Preferences. Pada opsi tersebut akan ada daftar pergantian secara otomatis dari aplikasi. Pengguna bisa menambahkan Preferences sesuai dengan kebutuhan.

9. Klik kanan untuk informasi.

Google Docs memberikan fitur untuk mencari sebuah definisi dari satu kata dengan cepat. Caranya cukup klik kanan pada kata tersebut dan pilih opsi Define. Akan ada panel kecil yang berisikan definisi dari kata tersebut. Bahkan pengguna juga dapat melakukan pencarian ke laman Google dengan memilih opsi Research.

10. Melihat revisi.

Google Docs dapat memberikan Revision History atau melihat hal apa saja yang telah direvisi sebelumnya. Untuk mengakes fitur ini pengguna dapat membuka menu Files kemudian pilih See revision history. Pengguna dapat melihat daftar kronologi perubahan yang telah dilakukan.

11. Menerjemahkan bahasa secara langsung.

Pengguna bisa melakukan penerjemahan bahasa secara langsung menggunakan Google Docs. Fitur ini dapat difungsikan tanpa harus mengcopy paste ke Google Translate. Cukup dengan memblok kata atau kalimat yang dipilih.


(brl/guf)