Cara memeriksa kesehatan baterai iPhone atau iPad

Cara memeriksa kesehatan baterai iPhone atau iPad

Techno.id - Jika kamu terus-menerus mengisi daya iPhone atau iPad, itu pertanda kamu harus memeriksa seberapa baik daya tahan baterainya. Kondisi baterai yang lemah seringkali menjengkelkan, karena kamu harus sering mencari sumber daya listrik atau paling tidak selalu membawa power bank untuk mengatasi masalah daya baterai yang cepat habis. Berikut cara melakukan pemeriksaan kesehatan baterai iPhone atau iPad

Cara memeriksa kesehatan baterai iPhone

Cara memeriksa kesehatan baterai iPhone atau iPad foto: techno.id/yani andriyansyah

Kamu dapat dengan cepat melihat informasi baterai iPhone di aplikasi Pengaturan dengan melakukan hal berikut.

1. Luncurkan aplikasi Pengaturan.

2. Gulir ke bawah dan ketuk Baterai.

3. Di sini, kamu akan menemukan opsi Kesehatan & Pengisian Daya Baterai. Ketuk untuk melanjutkan.

4. Di menu ini, kamu akan melihat kapasitas maksimum baterai iPhone, diberikan sebagai persentase dari kapasitas aslinya. Itu adalah kesehatan baterai iPhone.

Selain kapasitas maksimum, kamu akan menemukan item menu yang disebut Kemampuan Kinerja Puncak. Pesan singkat di bawahnya menunjukkan apakah fitur manajemen kinerja telah diterapkan ke iPhone kamu untuk mencegah shutdown yang tidak terduga.

Cara memeriksa kesehatan baterai iPad

Cara memeriksa kesehatan baterai iPhone atau iPad foto: makeuseof

Memeriksa kesehatan baterai iPad tidak semudah iPhone, karena Apple tidak menyediakan fitur serupa yang ramah pengguna untuk memantaunya. Namun demikian, kamu dapat menilai kondisi baterai dengan mengambil beberapa langkah tambahan untuk mengevaluasi apakah perlu mencari servis untuk baterai kamu.

Kamu dapat menggunakan pintasan khusus yang menganalisis file analitik iPad untuk menentukan kesehatan baterai dengan mengikuti langkah-langkah berikut.

1. Buka halaman pintasan Pemeriksa Kesehatan Baterai dan ketuk Tambahkan Pintasan.

2. Buka aplikasi Pengaturan dan buka Privasi & Keamanan > Analisis & Peningkatan.

3. Sekarang, jika Share iPhone & Watch Analytics dimatikan di bagian atas, kamu harus mengaktifkannya dan menunggu beberapa hari sebelum bisa mendapatkan file analytics. Jika diaktifkan, ketuk Data Analitik.

4. Ketuk file Analisis terbaru yang tersedia. (Nama file akan menjadi seperti Analytics-2024-01-21-053856. ip. ca. disinkronkan.)

5. Ketuk tombol Bagikan dan pilih Pemeriksa Kesehatan Baterai.

6. Kapasitas baterai maksimum kamu saat ini akan ditampilkan di bagian atas.

7. Atau, kamu dapat memverifikasi kapasitas pengisian daya maksimum secara manual dengan menyalin dan menempelkan konten file analytics ke dalam app Catatan. Kemudian, ketuk elipsis (...) ikon di pojok kiri atas, pilih Temukan di Catatan, dan cari Kapasitas maksimum persen. Nilai numerik di sebelah teks menunjukkan kesehatan baterai iPad kamu.

Ini yang harus dilakukan jika kesehatan baterai iPhone atau iPad lemah

Saat kesehatan baterai iPhone atau iPad turun di bawah 80%, kamu akan melihat pesan di aplikasi Pengaturan bahwa baterai perangkat telah menurun secara signifikan. Kamu akan disarankan untuk menggantinya untuk memulihkan kinerja.

Jika memilih untuk tidak mengganti baterai, kamu dapat meminimalkan pengurasan baterai di iPhone atau iPad dengan menghapus aplikasi yang menghabiskan banyak sumber daya di latar belakang.

(brl/red)