5 Tanda WhatsApp dibajak orang lain, waspada

5 Tanda WhatsApp dibajak orang lain, waspada

Techno.id - WhatsApp merupakan salah satu media komunikasi yang populer. WhatsApp lumrahnya digunakan di smartphone dan juga bisa melalui komputer dengan WhatsApp Web.

Sebagai media untuk berkomunikasi, WhatsApp menyimpan berbagai informasi pribadi yang tak boleh diketahui orang lain. Oleh karena itu, kamu perlu memahami tanda WhatsApp dibajak demi mencegah orang yang tak bertanggungjawab mengakses data dan akun pribadi di WA.

Tak sedikit informasi cara membajak dan juga menyadap WA berseliweran di internet, baik dengan aplikasi maupun tanpa aplikasi dan cara tersebut tidak dibenarkan dan tentunya melanggar privasi.

Untuk mengetahui WA dibajak atau disadap, berikut tanda-tanda yang perlu kamu perhatikan. Dirangkum techno.id dari berbagai sumber, Senin (27/6).

1. WhatsApp Web

5 Tanda WhatsApp dibajak orang lain, waspada

Salah satu cara menggunakan WhatsApp melalui PC yaitu dengan tersambung WhatsApp Web. Craa menggunakan WhatsApp Web sangat mudah, hanya perlu scan QR Code. Kamu dapat mengecek akun device yang tersambung dengan WA. Kamu akan mengetahui jika terdaat perangkat yang tidak dikenal tersambung dengan WhatsApp Web.

2. Pemakaian internet semakin cepat, smartphone cepat panas

Saat smartphone tiba-tiba panas, serta baterai HP cepat habis, bisa jadi hal itu merupakan indikasi smartphone atau WA kamu sedang diretas. HP panas bisa disebabkan oleh pekerjaan berat, waspada kondisi tersebut jika kamu merasa sedang tidak mendowload aplikasi. Periksa kondisi baterai di setting, periksa aplikasi yang tidak kamu kenal, dan hapus untuk mencegah dari pembajakan.

3. Status WA dalam kondisi online padahal sedang tidak digunakan

5 Tanda WhatsApp dibajak orang lain, waspada

Indikasi dibajak salah satunya yaitu WA dalam kondisi online saat tidak dipakai. Anda dapat mengeceknya dari smartphone orang lain, milik teman atau keluarga. Anda dapat menguji langsung, apakah WA milik anda sedang online atau tidak.

4. Cek pesan terkirim

Saat WA tidak digunakan, mustahil rasanya jika kamu membaca pesan yang diterima. Namun apa jadinya jika WA masuk tiba-tiba terbaca, atau WA milikmu mengirim ke kontak lain pesan tanpa kamu ketahui. Bisa jadi WA kamu dibajak orang tak bertanggung jawab.

5. Kiriman OTP misterius

Salah satu indikasi WA dibajak yaitu terdapat kiriman kode one time password atau OTP. Jika bukan kamu yang meminta OTP tersebut, jangan menyerahkan kode OTP ke orang lain. OTP bisa digunakan oleh peretas untuk masuk ke akun WA milikmu.

(brl/guf)