9 Langkah kembalikan akun WhatsApp terblokir, pahami penyebabnya

9 Langkah kembalikan akun WhatsApp terblokir, pahami penyebabnya

Techno.id -

WhatsApp merupakan wadah seseorang untuk berkomunikasi dengan kontak yang dimiliki secara mudah. Platform tersebut menyediakan berbagai fitur yang dapat dinikmati tanpa batasan ruang dan waktu. WhatsApp atau sering disingkat WA memberikan layanan untuk chatting, melakukan panggilan video, mengirimkan berbagai file, hingga berbagi story. Meta dalam hal ini merupakan developer WhatsApp masih mengembangkan platform agar dapat memenuhi permintaan pasar.

Bagi pengguna smartphone tentu sudah tidak asing dengan aplikasi ini. Untuk mendapatkan akses ke WhatsApp, pengguna hanya perlu login dengan nomor telepon yang dimiliki. Bahkan WhatsApp juga dapat terintegrasi dengan akun media sosial lain seperti Facebook dan Instagram. Artinya hanya dengan satu akun, seseorang sudah dapat memposting dan tersambung dengan kontak lain di berbagai platform.

WhatsApp saat memang cukup diandalkan banyak orang. Terlebih platform tersebut memiliki sistem interface cukup mudah, sehingga semua orang bahkan pemula sekali pun dapat menggunakannya. Namun dibalik kemudahan yang diberikan, WhatsApp mempunyai beberapa masalah saat penggunaannya. Salah satu problem yang bisa muncul adalah diblokirnya sebuah akun WhatsApp.

9 Langkah kembalikan akun WhatsApp terblokir, pahami penyebabnya

foto: pixabay.com

Banyak faktor penyebab akun WhatsApp terblokir. Seperti pengguna melakukan pelanggaran pedoman komunitas, melakukan spam, dan beberapa hal yang dilarang lainnya. Menggunakan WhatsApp ilegal juga menyebabkan akun dapat diblokir oleh developer. Karena jelas pihak pengembang tidak pernah mengeluarkan versi modifikasi, dan hal tersebut merupakan pelanggaran.

Pihak developer tentu tidak semena-mena dalam melakukan pemblokiran akun. Pihak pengembang biasa memberikan pemberitahuan berisi seberapa lama untuk akun WhatsApp dapat diakses kembali dan jenis pelanggaran apa yang telah dilakukan. Lalu apa yang harus dilakukan saat akun WhatsApp terblokir? Pada kesempatan ini Kamis (30/6) techno.id akan memberikan 9 Langkah kembalikan akun WhatsApp terblokir yang dihimpun dari berbagai sumber.

Sebelum masuk ke cara menyelesaikan akun WA terblokir, apabila kamu menggunakan platform WA ilegal silakan untuk uninstal aplikasi tersebut. Silakan gunakan aplikasi resmi WhatsApp yang tersedia di toko aplikasi perangkat yang digunakan. Namun sebelum melakukan pencopotan pemasangan aplikasi WA ilegal, pengguna bisa mencadangkan chat maupun mengekspor riwayat chat. Pencadangan file tersebut bisa melalui memori telepon maupun Google Drive.

9 Langkah kembalikan akun WhatsApp terblokir, pahami penyebabnya

foto: pixabay.com

Cara mencadangkan chat WhatsApp:

1. Silakan buka aplikasi WhatsApp yang digunakan.
2. Pilih opsi lainnya.
3. Masuk ke menu setelan.
4. Pili opsi chat.
5. Kemudian ketuk opsi cadangkan chat.

Cara ekspor riwayat chat WhatsApp:
1. Silakan buka aplikasi WhatsApp yang digunakan.
2. Pilih opsi lainnya.
3. Ketuk opsi Ekspor Chat.
4. Pilih opsi "ya" pada menu apakah anda ingin mengekspor beserta media atau tidak.
5. File akan dikirim menggunakan email dengan format .txt.

Sebagai catatan pengguna dapat mencadangkan 10 ribu chat terbaru apabila disertai media. Namun apabila tidak disertai dengan file media, maka pengguna bisa mencadangkan hingga 40 ribu chat. Hal tersebut disebabkan karena batasan kapasitas file di email.

Berikut 9 langkah untuk mengembalikan akun WhatsApp yang diblokir:

9 Langkah kembalikan akun WhatsApp terblokir, pahami penyebabnya

foto: pixabay.com

1. Silakan untuk mengunduh dan instal aplikasi WhatsApp resmi dari Meta.
2. Setelah pemasangan selesai silakan untuk melakukan login menggunakan nomor telepon.
3. Saat akun terblokir akan muncul opsi "dukungan", silakan untuk ketuk opsi tersebut.
4. Kemudian pengguna diminta untuk menuliskan permasalahan pada formulir yang disediakan. Pengguna juga diminta untuk mengirimkan bukti seperti screen shoot tanda akun diblokir.
5. Setelah pengisian formulir selesai, silakan tekan "lanjut" pada bagian bawah layar.
6. Apabila terdapat pertanyaan kembali, silakan untuk memilih opsi "Ini tidak menjawab pertanyaan saya".
7. Kemudian pengguna akan dibawa ke email pusat bantuan WhatsApp, dan di sana pengguna dapat menjelaskan lebih detail nomor telepon, dan screenshoot bukti masalah.
8. Setelah email dikirim, tunggu beberapa saat untuk mendapatkan respon dari pusat bantuan WhatsApp.
9. Ikuti panduan yang diminta oleh pusat bantuan WhatsApp, agar pengguna mendapatkan kembali akun yang telah terblokir.

Itulah cara mengatasi akun WhatsApp yang telah terblokir. Setelah pengguna berhasil mendapatkan akunnya kembali, silakan untuk tidak mengulangi pelanggaran seperti sebelumnya. Ikuti panduan komunitas secara baik dan gunakan WhatsApp dengan bijak.


(brl/guf)