Android 15 akan menghadirkan informasi kesehatan baterai yang super lengkap

Android 15 akan menghadirkan informasi kesehatan baterai yang super lengkap

Techno.id - Selama bertahun-tahun, pengguna Android harus bergantung pada aplikasi pihak ketiga untuk mendapatkan lebih banyak informasi tentang salah satu perangkat keras terpenting di ponsel mereka, baterai.

Tetapi, tampaknya masalah tersebut bakal segera teratasi dengan Android 15 yang disebut Vanilla Ice Cream yang akan diluncurkan tahun ini. Seperti pernah diungkapkan pakar Android Michael Rahman dari Android Authority, ada beberapa poin utama yang akan dibawa Android 15, kapasitas baterai ponsel secara alami hilang seiring waktu. Android akan segera memberikan informasi tentang sisa kapasitas baterai.

Lalu ada juga status kesehatan baterai yang baru juga dapat mengetahui apakah baterai kamu telah diganti. Meskipun kamu merawat perangkat dan baterai dengan hati-hati, cepat atau lambat, kamu memerlukan penggantian baterai.

Android 15 akan menghadirkan informasi kesehatan baterai yang super lengkap foto: freepik/tinaji

Baterai, seperti setiap bagian teknologi lainnya cenderung menurun seiring waktu. Kapasitas pengisian maksimumnya berkurang dan waktu layar kamu berkurang drastis. Baterai mulai berperilaku tidak normal, menyebabkan ponsel kamu tiba-tiba mati dan yang lainnya.

Android 14 meletakkan dasar awal bagi OS untuk melacak informasi kesehatan baterai, tetapi Android 15 benar-benar dapat menampilkan informasi tersebut di depan pengguna.

Ada lebih banyak detail kesehatan baterai, tanggal penggunaan pertama, kebijakan pengisian daya, status pengisian daya, dan kondisi kesehatan.

Android 15 akan menghadirkan informasi kesehatan baterai yang super lengkap foto: freepik/odvut studio

Keadaan kesehatan sangat menarik karena merupakan perkiraan kapasitas pengisian penuh baterai saat ini, dinyatakan sebagai persentase relatif terhadap kapasitas pengenal baterai. Misalnya, jika status kesehatan baterai kamu diukur pada 90%, itu berarti kapasitas pengisian penuhnya yang tersisa diperkirakan sekitar 4118mAh dibanding nilai 4575mAh.

Aplikasi Pengaturan saat ini tidak menampilkan status kesehatan baterai seperti yang dilakukan iPhone, tetapi itu akan berubah di masa mendatang. Google juga akan mengungkapkan lebih banyak informasi terkait baterai seperti apakah perangkat memiliki baterai yang tidak didukung, asli, atau diganti di dalam fitur tersebut.

(brl/red)