8 Cara menghentikan panas berlebih pada iPhone untuk memperpanjang masa pakai baterai  

8 Cara menghentikan panas berlebih pada iPhone untuk memperpanjang masa pakai baterai  

8 Cara menghentikan panas berlebih pada iPhone

5. Matikan kecerahan otomatis

8 Cara menghentikan panas berlebih pada iPhone untuk memperpanjang masa pakai baterai foto: freepik

Kecerahan otomatis adalah fitur praktis yang secara otomatis menyesuaikan kecerahan layar iPhone berdasarkan cahaya sekitar. Namun, fitur ini juga bisa boros energi dan dapat menghasilkan lebih banyak panas.

Oleh karena itu, menonaktifkan kecerahan otomatis dan menyesuaikannya secara manual ke tingkat yang lebih rendah dapat membantu memperpanjang masa pakai baterai iPhone dan mengurangi panas yang dihasilkan.

Untuk menonaktifkan kecerahan otomatis, buka Pengaturan > Aksesibilitas > Tampilan & Ukuran Teks. Gulir ke bawah ke "Kecerahan Otomatis" dan nonaktifkan. Kemudian kurangi kecerahan layar secara manual.

6. Coba gunakan mode daya rendah

8 Cara menghentikan panas berlebih pada iPhone untuk memperpanjang masa pakai baterai foto: tengkapan layar/techno.id/yani andriyansyah

Mode Daya Rendah mengurangi aktivitas latar belakang dan kinerja untuk menghemat masa pakai baterai dan menjaga iPhone agar tidak terlalu panas.

Untuk mengaktifkan Mode Daya Rendah, buka Pengaturan > Baterai dan aktifkan Mode Daya Rendah. Ikon baterai di kanan atas iPhone akan berwarna kuning untuk menandakan bahwa iPhone dalam Mode Daya Rendah. Kamu juga dapat mengaktifkan Mode Daya Rendah menggunakan Pusat Kontrol iPhone.

7. Perbarui iPhone dan aplikasi

8 Cara menghentikan panas berlebih pada iPhone untuk memperpanjang masa pakai baterai foto: freepik

Apple dan pengembang aplikasi secara teratur merilis pembaruan yang mencakup perbaikan bug dan peningkatan kinerja. Pembaruan ini dapat membantu mencegah iPhone menjadi terlalu panas.

Oleh karena itu, sebaiknya kamu selalu memperbarui ponsel dan aplikasi, sehingga kamu selalu memiliki versi terbaru. Untuk memeriksa pembaruan perangkat lunak, buka Pengaturan > Umum > Pembaruan Perangkat Lunak.

Untuk pembaruan aplikasi, buka App Store, ketuk ikon profil kamu di sudut kanan atas, gulir ke bawah ke Pembaruan Otomatis yang Akan Datang, dan ketuk Perbarui Semua.

8. Menonaktifkan penyegaran aplikasi latar belakang

8 Cara menghentikan panas berlebih pada iPhone untuk memperpanjang masa pakai baterai foto: freepik/grinvalds

Penyegaran aplikasi latar belakang memungkinkan aplikasi diperbarui di latar belakang, bahkan saat kamu tidak menggunakannya. Hal ini menghabiskan sumber daya baterai dan CPU, yang dapat menyebabkan iPhone bekerja lebih keras dan menghasilkan lebih banyak panas.

Kamu dapat mematikan fitur ini dengan membuka Pengaturan > Umum > Penyegaran Aplikasi Latar Belakang > Penyegaran Aplikasi Latar Belakang > Mati.

Selain mematikan penyegaran aplikasi latar belakang, kamu juga dapat menonaktifkannya hanya untuk aplikasi yang menggunakan sumber daya yang signifikan di latar belakang.

Deretan tips di atas bisa membantu mendinginkan iPhone dan mencegahnya menjadi terlalu panas dikemudian hari. Simpan iPhone kamu di lingkungan yang sejuk jika memungkinkan, hindari menggunakan aplikasi yang berat dalam waktu yang lama, dan kelola pengaturan penyegaran aplikasi latar belakang untuk mengurangi panas yang dihasilkan. Selain itu, pastikan kamu menggunakan casing ponsel yang dirancang untuk membuang panas secara efektif.

(brl/red)