7 Tips untuk menjaga gadget kamu agar tidak terlalu panas

7 Tips untuk menjaga gadget kamu agar tidak terlalu panas

7 Tips agar gadget tidak panas

5. Matikan overclocking atau gunakan mode daya rendah

7 Tips untuk menjaga gadget kamu agar tidak terlalu panas foto: freepik

Overclocking adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan praktik memaksa gadget (seperti PC) untuk berjalan lebih cepat daripada yang diinginkan. Cara ini dapat digunakan untuk meningkatkan kecepatan komputer, tetapi juga menyebabkan perangkat menghasilkan lebih banyak panas.

Untuk mengatasinya, matikan overclocking atau coba cari mode daya rendah yang akan melakukan underclocking pada CPU perangkat dan menggunakan lebih sedikit daya, yang juga akan menghasilkan lebih sedikit panas.

6. Matikan fitur yang tidak digunakan atau fitur latar belakang

7 Tips untuk menjaga gadget kamu agar tidak terlalu panas foto: freepik/grinvalds

Jika kamu tidak menggunakan fitur tertentu pada perangkat, matikan fitur tersebut. Misalnya, jika kamu tidak menggunakan Bluetooth, matikanlah, yang akan menghemat masa pakai baterai dan berpotensi mengurangi beban panas perangkat.

Selain itu, beberapa aplikasi di PC dan smartphone tetap berjalan di latar belakang, terus-menerus memeriksa pembaruan dan memanaskan perangkat. Tutup tugas-tugas latar belakang tersebut pada PC atau Mac, atau matikan penyegaran aplikasi latar belakang pada smartphone.

7. Istirahatkan perangkat

7 Tips untuk menjaga gadget kamu agar tidak terlalu panas foto: freepik

Jika kamu menggunakan gadget untuk waktu yang lama dalam cuaca yang sangat panas, pastikan untuk beristirahat sesering mungkin. Cara terbaik untuk melakukannya adalah dengan mematikan perangkat sepenuhnya dan diamkan selama beberapa menit.

Tetapi jika kamu tidak dapat melakukannya karena alasan pekerjaan, tutup semua aplikasi atau jeda film dan diamkan selama beberapa saat jika tidak digunakan. Cara ini akan memberikan kesempatan kepada perangkat untuk mendinginkannya sebelum kamu mulai menggunakannya lagi.

(brl/red)