Begini cara mengetahui penyebab dan mengatasi layar iPhone yang membeku

Begini cara mengetahui penyebab dan mengatasi layar iPhone yang membeku

Techno.id - Mungkin banyak dari kita yang pernah mengalami kondisi di mana sedang melakukan sesuatu pada smartphone seperti iPhone, baik itu menulis email atau mencari foto tertentu, tiba-tiba layar smartphone tersebut nge-freeze alias membeku.

Biasanya ketika kondisi itu terjadi, kamu mulai mengetuk-ngetuk layar, menggoyangkan iPhone, atau menekan tombol apapun untuk mendapatkan respons. Berharap masalah dapat teratasi. Tapi tidak ada yang berhasil. Untungnya, ada banyak cara efektif yang bisa kamu coba untuk membuat iPhone kembali aktif.

Sebelum melakukan salah satu solusi yang akan dijabarkan Techno.id di bawah ini ada beberapa cara mendasar yang bisa kamu coba. Lakukan restart secara paksa. Cara ini dapat menyelesaikan masalah perangkat lunak dan merupakan perbaikan yang paling umum untuk masalah ini. Namun jika cara tersebut tidak berhasil, berikut beberapa cara lain yang bisa kamu lakukan dan ketahui penyebabnya.

1. Penyimpanan penuh

Begini cara mengetahui penyebab dan mengatasi layar iPhone yang membeku foto: unsplash/mia baker

Ketika kamu mendapat peringatan bahwa penyimpanan iPhone hampir kehabisan ruang penyimpanan, kondisi tersebut dapat menyebabkan iPhone membeku. Kamu bisa mencoba langkah-langkah force restart. Jika dengan cara itu iPhone Kembali hidup, sebaiknya hapus beberapa gambar atau foto yang tidak penting untuk menambah kapasitas ruang penyimpanan.

Jika cara ini tidak berhasil, pada akhirnya kamu harus mengatur ulang perangkat. Terutama jika kamu mendapatkan peringatan penyimpanan yang rendah. Kamu bisa masuk ke dalam mode pemulihan untuk memulihkan perangkat.

2. Kerusakan atau konflik perangkat lunak

Begini cara mengetahui penyebab dan mengatasi layar iPhone yang membeku foto: freepik/rawpixel

Membekunya layer juga bisa disebabkan pembaruan perangkat lunak yang gagal, aplikasi yang bertentangan dengan fungsionalitas, atau bahkan perangkat lunak berbahaya.

Untuk mengatasinya, lakukan penginstalan ulang sistem operasi. Jika ponsel macet, kamu mungkin harus masuk ke mode pemulihan untuk memulai proses ini.

Cobalah pembaruan terlebih dahulu. Jika pembaruan tidak berhasil, saatnya untuk memeriksa kondisi cadangan. Jika kamu yakin memiliki cadangan terbaru, atau bersedia mengorbankan data untuk kembali menggunakan ponsel, lanjutkan ke pemulihan. Ini akan menghapus semua data yang ada di iPhone.

3. NFC rusak

Begini cara mengetahui penyebab dan mengatasi layar iPhone yang membeku foto: freepik

Near Field Communication (NFC) banyak fungsinya di dalam iPhone, tetapi yang paling utama adalah memfasilitasi transmisi data pembayaran untuk Apple Pay. Beberapa jenis kegagalan NFC tertentu dapat mengakibatkan layar membeku.

Pada iPhone yang lebih tua atau yang memiliki Touch ID, biasanya chip NFC pada motherboard rusak secara fisik. Kondisi ini bisa disebabkan iPhone jatuh dengan keras. Untuk iPhone X dan yang lebih baru, menggunakan motherboard yang lebih baik. Chip NFC dipindahkan ke bagian bawah.

(brl/red)