Cara mengatur dan menonaktifkan notifikasi aplikasi di smartphone Android biar gak mengganggu

Cara mengatur dan menonaktifkan notifikasi aplikasi di smartphone Android biar gak mengganggu

Techno.id - Smartphone kamu mungkin sering dibanjiri notifikasi. Umumnya notifikasi tersebut berasal dari beberapa aplikasi. Di satu sisi, notifikasi penting untuk memberitahu pesan yang masuk.

Tetapi di sisi lain, terlalu banyak notifikasi yang masuk juga bisa sangat mengganggu, bahkan bisa memengaruhi daya tahan baterai. Sebab setiap notifikasi yang masuk akan menyalakan layar dan itu artinya akan menyedot penggunaan daya baterai.

Nah buat kamu yang ingin membatasi notifikasi aplikasi yang masuk, bisa menggunakan fitur Do Not Disturb (Jangan Ganggu), atau melakukannya secara individual untuk aplikasi tertentu. Cara ini bisa kamu lakukan hanya untuk aplikasi yang kamu anggap mengganggu, karena beberapa aplikasi mungkin sangat penting.

Cara mematikan notifikasi dengan fitur Do Not Disturb di Android

Cara mengatur dan menonaktifkan notifikasi aplikasi di smartphone Android biar gak mengganggu foto: tangkapan layar/techno.id/yani andriyansyah

Do Not Disturb adalah fitur di Android yang bisa kamu gunakan untuk menonaktifkan semua, atau sebagian besar, notifikasi dari semua aplikasi untuk jangka waktu tertentu. Kamu dapat menyesuaikan mode untuk mengizinkan aplikasi, alarm, kontak, pesan, dan panggilan telepon tertentu untuk tetap masuk.

Ada juga opsi untuk mengonfigurasi jadwal otomatis, dan kamu dapat menyesuaikan apakah notifikasi tersembunyi dapat mengeluarkan suara atau menampilkan notifikasi visual seperti menghidupkan layar.

Untuk menggunakannya, buka Pengaturan > Pemberitahuan > Jangan Ganggu dan ketuk Nyalakan sekarang. Setelah diaktifkan, kamu akan melihat ikon lingkaran dengan garis di bilah notifikasi.

Kamu juga dapat mengusap bilah notifikasi ke bawah dua kali, lalu ketuk tombol tindakan cepat Jangan Ganggu. Cara ini akan membuka menu cepat dengan opsi untuk menentukan berapa lama Do Not Disturb akan bertahan. Opsi tersebut adalah sampai kamu mematikannya, waktu yang dapat disesuaikan dengan kenaikan satu jam, dan opsi ketiga untuk satu jam berikutnya.

Cara menyesuaikan jangan ganggu di Android

Cara mengatur dan menonaktifkan notifikasi aplikasi di smartphone Android biar gak mengganggu foto: tangkapan layar/techno.id/yani andriyansyah

Pada halaman pengaturan Jangan Ganggu ada dua bagian di mana kamu dapat mengubah cara kerja fitur ini. Bagian ini meliputi Apa yang dapat mengganggu Jangan Ganggu dan Umum. Di bawah Apa yang dapat mengganggu Jangan Ganggu, kamu dapat memodifikasi orang, aplikasi, dan alarm mana yang dapat mengganggu atau melewati Jangan Ganggu.

Saat mengubah pengaturan orang, kamu dapat menentukan siapa yang dapat menelepon atau mengirimi pesan dengan notifikasi selama Jangan Ganggu. Memilih aplikasi akan mengecualikan aplikasi tersebut dari semua pembatasan notifikasi. Di bawah menu pengaturan alarm & gangguan lainnya,

Kamu dapat mengizinkan alarm, suara media, suara sentuh, pengingat, dan acara kalender. Di bawah Umum, kamu dapat mengatur jadwal, mengubah durasi Jangan Ganggu saat diaktifkan melalui pengaturan cepat, dan mengubah opsi tampilan untuk pemberitahuan tersembunyi.

(brl/red)