7 Poin penting yang harus kamu perhatikan sebelum membagikan lokasi langsung di WhatsApp

7 Poin penting yang harus kamu perhatikan sebelum membagikan lokasi langsung di WhatsApp

Techno.id - Sebagai salah satu aplikasi perpesanan terbaik dan aplikasi obrolan video terbaik di dunia, WhatsApp menjadi aplikasi yang cukup banyak digunakan. Berbagai fitur WhatsApp makin memudahkan pengguna, termasuk berbagi lokasi.

Namun apakah aman jika kamu berbagi lokasi di WhatsApp? Tentu saja berbagi lokasi langsung di WhatsApp akan aman jika kamu mengambil tindakan pencegahan yang tepat dan memperhatikan pertimbangan privasi. Berikut beberapa poin penting yang perlu diingat saat berbagi lokasi di WhatsApp.

1. Berbagi selektif

7 Poin penting yang harus kamu perhatikan sebelum membagikan lokasi langsung di WhatsApp foto: freepik

WhatsApp memungkinkan pengguna membagikan lokasi langsung dengan individu atau grup tertentu. Hanya bagikan lokasi langsung dengan kontak tepercaya yang kamu rasa nyaman untuk berbagi informasi ini. Hindari membagikannya dengan orang yang tidak dikenal atau tidak dipercaya.

2. Berbagi terbatas waktu

7 Poin penting yang harus kamu perhatikan sebelum membagikan lokasi langsung di WhatsApp foto: freepik/wichayada

Saat membagikan lokasi langsung di WhatsApp, kamu dapat memilih durasi lokasi akan terlihat oleh orang lain. Ini merupakan praktik yang baik untuk menetapkan batas waktu tertentu daripada membagikan lokasi kamu tanpa batas waktu. Cara ini memastikan bahwa informasi lokasi kamu tidak dapat diakses lebih lama dari yang diperlukan.

3. Kontak tepercaya

7 Poin penting yang harus kamu perhatikan sebelum membagikan lokasi langsung di WhatsApp foto: freepik/thanyakij-12

Bagikan lokasi langsung hanya dengan orang yang kamu percayai dan yang memiliki kebutuhan sah untuk mengetahui keberadaan kamu. Berhati-hatilah saat membagikan lokasi langsung dengan kenalan atau orang asing.

4. Nonaktifkan berbagi lokasi latar belakang

7 Poin penting yang harus kamu perhatikan sebelum membagikan lokasi langsung di WhatsApp foto: freepik/user5391341

Periksa pengaturan WhatsApp kamu untuk memastikan bahwa berbagi lokasi latar belakang dinonaktifkan. Opsi ini untuk mencegah WhatsApp melacak dan membagikan lokasi kamu secara terus-menerus saat aplikasi berjalan di latar belakang untuk membantu menjaga privasi kamu.

(brl/red)