7 Penyebab daya baterai smartphone kamu cepat habis, begini cara mengatasinya

7 Penyebab daya baterai smartphone kamu cepat habis, begini cara mengatasinya

Techno.id - Masa pakai baterai smartphone adalah salah satu faktor terpenting dalam menentukan berapa lama kamu dapat menggunakan perangkat sebelum perlu diisi dayanya. Jika masa pakai baterai buruk, kamu harus terus-menerus mengisi daya ponsel. Tentu saja kondisi tersebut dapat merepotkan dan bikin jengkel.

Ada beberapa penyebab yang membuat masa pakai baterai smartphone kamu buruk. Berikut beberapa penyebab paling umum yang membuat baterai cepat habis, serta beberapa tips cara memperbaikinya.

Penyebab baterai boros

7 Penyebab daya baterai smartphone kamu cepat habis, begini cara mengatasinya foto: freepik

Ada sejumlah faktor yang dapat menyebabkan masa pakai baterai yang buruk pada ponsel. Berikut beberapa penyebab paling umum.

1. Menggunakan ponsel dalam mode kecerahan tinggi

Semakin terang layar, semakin banyak daya yang digunakannya. Jika ternyata masa pakai baterai buruk, coba kurangi kecerahan layar.

2. Menjalankan terlalu banyak aplikasi di latar belakang

Meskipun kamu tidak menggunakan aplikasi secara aktif, aplikasi tersebut tetap dapat berjalan di latar belakang dan menggunakan daya baterai. Untuk mengosongkan baterai, tutup semua aplikasi yang tidak kamu gunakan dan hapus beberapa aplikasi yang tidak kamu gunakan secara terbuka.

3. Terlalu sering menggunakan ponsel

Jika kamu lebih sering menggunakan ponsel, atau untuk tugas yang lebih berat, seperti bermain game atau streaming video, hal ini akan membebani baterai dan membuatnya lebih cepat habis.

4. Menggunakan layanan lokasi sepanjang waktu

7 Penyebab daya baterai smartphone kamu cepat habis, begini cara mengatasinya foto: freepik/rawpixel.com

Layanan lokasi dapat menguras baterai dengan cepat, terutama jika kamu menggunakannya di area dengan penerimaan jaringan data selular atau Wi-Fi yang buruk. Jika kamu tidak perlu menggunakan layanan lokasi sepanjang waktu, matikan.

5. Terus menyalakan Wi-Fi atau Bluetooth sepanjang waktu

Kedua fitur tersebut juga menghabiskan daya baterai. Karena itu jika kamu tidak sedang menggunakan Wi-Fi atau Bluetooth, sebaiknya nonaktifkan kedua fitur ini.

6. Kapasitas baterai yang terlalu kecil

Kapasitas baterai yang kecil tidak dapat memberikan masa pakai baterai yang tahan lama. Untuk masalah ini, sangat disarankan kamu selalu membawa powerbank untuk mengantisipasi daya baterai habis saat kamu jauh dari sumber listrik.

7. Jarang memperbarui perangkat lunak

Pembaruan perangkat lunak sering kali menyertakan fitur pengoptimalan baterai yang dapat membantu meningkatkan masa pakai baterai. Karena itu pastikan kamu menjalankan perangkat lunak ponsel versi terbaru.

Tips sederhana memperpanjang masa pakai baterai

7 Penyebab daya baterai smartphone kamu cepat habis, begini cara mengatasinya foto: freepik/jcomp

Ada beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk meningkatkan masa pakai baterai ponsel. Berikut beberapa tips yang paling efektif untuk dilakukan.

1. Kurangi kecerahan layar.

2. Tutup atau hapus aplikasi yang tidak kamu gunakan.

3. Matikan layanan lokasi saat kamu tidak membutuhkannya.

4. Selalu perbarui perangkat lunak ponsel kamu.

5. Gunakan mode hemat daya.

6. Ganti baterai jika sudah tua.

(brl/red)