12 Cara yang bisa kamu lakukan untuk membantu menghemat baterai iPhone   

12 Cara yang bisa kamu lakukan untuk membantu menghemat baterai iPhone   

Techno.id - Hampir semua smartphone, termasuk iPhone saat ini mengalami masalah yang serupa. Daya baterai seringkali menjadi persoalan yang dihadapi pengguna. Tidak jarang mereka harus beberapa kali mengisi daya dalam sehari agar smartphone tetap bisa digunakan.

Kondisi ini tentu saja kurang nyaman. Sebab, pengguna harus selalu membawa pengisi daya atau paling tidak power bank agar smartphone mereka tetap bisa bertahan untuk mendukung berbagai aktivitas.

Berbagai tips dan trik juga seakan tiada habisnya diulas. Banyak cara yang bisa dilakukan untuk membantu menghemat baterai iPhone, mulai dari mematikan jaringan selular ketika layanan di daerah tertentu kurang baik atau buruk, hingga mengurangi kecerahan layar yang dikenal sebagai salah satu penyedot daya cukup besar dalam sebuah perangkat.

Berikut beberapa cara yang juga bisa kamu lakukan untuk membantu menghemat daya tahan baterai yang berhasil dirangkum Techno.id dari berbagai sumber.

1. Matikan pengaturan lokasi

12 Cara yang bisa kamu lakukan untuk membantu menghemat baterai iPhone foto: freepik

iPhone melakukan banyak tugas di latar belakang. Aktivitas latar belakang, terutama saat terhubung ke internet atau menggunakan GPS akan menghabiskan baterai dengan cepat. Fitur yang tidak diperlukan dapat dimatikan dengan aman untuk mendapatkan kembali masa pakai baterai.

Untuk mematikan tugas latar belakang, buka Pengaturan > Privasi > Layanan Lokasi > Layanan Sistem, lalu nonaktifkan item seperti Iklan Apple Berbasis Lokasi, Popular Di Dekat Saya, dan Pengaturan Zona Waktu. Catatam, opsi ini tidak tersedia saat semua layanan lokasi dinonaktifkan.

2. Jangan gunakan wallpaper dinamis

12 Cara yang bisa kamu lakukan untuk membantu menghemat baterai iPhone foto: freepik/vecstock

Wallpaper hidup dan Dinamis diluncurkan sejak iOS 8 yang menawarkan antarmuka yang rapi ke gambar latar statis. Namun wallpaper ini juga memengaruhi masa pakai baterai. Tetap menggunakan wallpaper diam adalah cara mudah untuk menghemat masa pakai baterai iPhone.

Latar Belakang Dinamis tidak perlu dimatikan karena tidak ada fungsi aktifkan dan nonaktifkan Latar Belakang Dinamis. Sebagai gantinya, jangan pilih gambar di bagian Dinamis saat mengubah wallpaper iPhone.

3. Matikan Bluetooth

12 Cara yang bisa kamu lakukan untuk membantu menghemat baterai iPhone foto: freepik/mar fernandez

Bluetooth berguna saat kamu menggunakan headset atau earphone nirkabel. Tetapi mentransmisikan data secara nirkabel membutuhkan banyak daya baterai, dan membiarkan Bluetooth menyala untuk menerima data yang masuk setiap saat membutuhkan lebih banyak daya. Matikan Bluetooth untuk menghemat baterai di iPhone kamu. Atau, aktifkan Bluetooth hanya saat kamu membutuhkannya, dan matikan saat tidak digunakan.

Opsi untuk mengaktifkan atau menonaktifkan Bluetooth di iPhone dapat ditemukan di aplikasi Pengaturan di bawah Bluetooth. Namun kiat menghemat baterai di iPhone ini tidak berlaku untuk Apple Watch. Apple Watch dan iPhone berkomunikasi melalui Bluetooth. Untuk mendapatkan hasil maksimal dari jam tangan pintar kamu, tetap aktifkan Bluetooth.

4. Matikan data selular

12 Cara yang bisa kamu lakukan untuk membantu menghemat baterai iPhone foto: freepik/zaozaa09

Menggunakan 5G, 4G, LTE, atau koneksi seluler lainnya dengan transfer yang cepat, membutuhkan lebih banyak daya baterai ponsel. Konsumsi daya akan menjadi lebih tinggi saat penggunaan berat seperti saat streaming video atau melakukan panggilan HD.

Meskipun mungkin sulit untuk menghentikan semua transfer data selular, hal itu meningkatkan masa pakai baterai di iPhone. Untuk mematikan data selular, buka Pengaturan, ketuk Selular, lalu matikan Data Seluler. Wi-Fi masih berfungsi saat data selular dimatikan.

5. Matikan push email

12 Cara yang bisa kamu lakukan untuk membantu menghemat baterai iPhone foto: freepik/user6724086

Pengaturan email di iPhone dapat dikonfigurasi untuk mengunduh pesan secara otomatis ke telepon saat pesan tiba di server email. Opsi ini berguna untuk memiliki folder email terbaru, tetapi unduhan terus-menerus menghabiskan baterai lebih cepat. Sebagai gantinya, buka aplikasi Mail dan segarkan secara manual untuk memeriksa pesan baru.

Untuk mematikan push email untuk menghemat masa pakai baterai iPhone, buka Pengaturan, ketuk Kata Sandi & Akun (atau, Mail > Akun), pilih Ambil Data Baru, dan matikan Push. Pilihan lain untuk menghemat baterai di iPhone yang melibatkan email adalah mengubah seberapa sering iPhone kamu memeriksa email baru.

(brl/red)