Begini cara memeriksa dan mengetahui penyebab daya tahan baterai smartphone Android kamu boros

Begini cara memeriksa dan mengetahui penyebab daya tahan baterai smartphone Android kamu boros

Techno.id - Meskipun baterai Android modern memiliki kapasitas yang semakin tinggi, terkadang baterai Android terasa lebih cepat habis daripada biasanya. Hal ini terutama terjadi pada perangkat yang lebih tua. Berikut ini adalah beberapa alasan mengapa baterai ponsel kamu bisa cepat habis dan apa yang harus dilakukan untuk mengatasinya.

Mengapa baterai ponsel cepat habis?

Ada beberapa alasan utama mengapa baterai ponsel bisa cepat habis. Berikut ini adalah alasan utama di balik masalah tersebut.

Begini cara memeriksa dan mengetahui penyebab daya tahan baterai smartphone Android kamu boros foto: unsplash/tyler lastovich

1. Baterai ponsel sudah menua

Jika baterai ponsel kamu dulunya cukup andal tetapi tiba-tiba kehabisan daya, mungkin baterai tersebut sudah mulai menua. Baterai ponsel yang lebih tua lebih mungkin kehabisan baterai lebih cepat daripada yang baru.

2. Sering menggunakannya

Jika penggunaan ponsel kamu lebih tinggi dari biasanya, baterai akan lebih cepat habis. Itu tidak berarti ada masalah dengan baterai. Tetapi karena kamu sering menggunakannya.

3. Ponsel terlalu panas

Panas adalah musuh semua baterai. Jika ponsel kamu terlalu panas karena cuaca panas atau penyimpanan yang tidak tepat, baterai ponsel akan lebih cepat habis.

4. Ada aplikasi tertentu yang menguras baterai

Beberapa aplikasi dapat menghabiskan baterai lebih cepat daripada yang lain. Sebaiknya periksa aplikasi mana yang paling banyak menghabiskan daya (misalnya game).

Cara memeriksa aplikasi apa yang paling cepat menguras baterai

Begini cara memeriksa dan mengetahui penyebab daya tahan baterai smartphone Android kamu boros foto: unsplash/onur binay

Kamu dapat memeriksa aplikasi mana di ponsel Android kamu yang paling banyak menghabiskan baterai. Ini bisa menjadi panduan yang berguna, terutama jika aplikasi-aplikasi tersebut adalah aplikasi yang jarang kamu gunakan. Berikut ini cara melihat aplikasi mana yang menguras baterai.

1. Ketuk Pengaturan.

2. Ketuk Baterai.

3. Ketuk Penggunaan Baterai Ponsel.

Aplikasi disusun berdasarkan urutan aplikasi yang paling banyak menggunakan daya. Ketuk setiap aplikasi untuk mengetahui lebih lanjut.

Cara meningkatkan daya tahan baterai Android

Begini cara memeriksa dan mengetahui penyebab daya tahan baterai smartphone Android kamu boros foto: unsplash/onur binay

Ada beberapa cara untuk meningkatkan daya tahan baterai ponsel Android. Berikut beberapa cara utama untuk meningkatkan daya tahan baterai.

1. Aktifkan Mode Penghemat Baterai

Aktifkan Mode Penghemat Baterai, dan ponsel kamu akan secara otomatis menurunkan kinerja dan mematikan layanan seperti GPS untuk mengurangi pengurasan baterai.

2. Matikan layanan yang tidak diperlukan

Jika kamu lebih suka melakukan berbagai hal secara manual, matikan Wi-Fi, Bluetooth, layanan lokasi, dan layanan lain yang tidak diperlukan untuk memperpanjang masa pakai baterai.

3. Redupkan layar

Menurunkan kecerahan layar dapat memperpanjang masa pakai baterai secara signifikan tanpa memengaruhi kinerja.

4. Gunakan ponsel sesedikit mungkin

Dengan lebih jarang menggunakan ponsel, baterai akan lebih awet, meskipun mungkin tidak nyaman.

5. Mengkalibrasi baterai

Mengkalibrasi baterai Android dapat membantu, terutama pada perangkat Android yang lebih tua dengan opsi penghematan baterai yang lebih sedikit.

(brl/red)