6 Cara merawat kesehatan baterai iPhone agar masa pakainya lebih lama, nomor 2 penting diperhatikan

6 Cara merawat kesehatan baterai iPhone agar masa pakainya lebih lama, nomor 2 penting diperhatikan

Techno.id - Baterai iPhone adalah salah satu komponen terpenting perangkat. Baterai memberi daya pada iPhone dan memungkinkan kamu menggunakan semua fiturnya.

Namun, baterai menurun seiring waktu, dan pada akhirnya perlu diganti. Ada beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk membantu memperpanjang masa pakai baterai iPhone dan membuatnya tetap berjalan dengan lancar.

1. Isi daya secara teratur

6 Cara merawat kesehatan baterai iPhone agar masa pakainya lebih lama, nomor 2 penting diperhatikan foto: freepik/rawpixel.com

Salah satu cara terbaik untuk menjaga kesehatan baterai iPhone adalah dengan mengisi dayanya secara teratur. Ini akan membantu mencegah baterai terkuras terlalu rendah, yang dapat merusaknya. Penting juga untuk menghindari membiarkan baterai iPhone benar-benar habis. Sebab jika itu kamu lakukan, mungkin perlu waktu lebih lama untuk mengisi daya kembali hingga daya penuh.

2. Hindari suhu ekstrim

6 Cara merawat kesehatan baterai iPhone agar masa pakainya lebih lama, nomor 2 penting diperhatikan foto: freepik/ijeab

Ponsel yang kokoh dapat menahan suhu ekstrem, guncangan, dan banyak lagi. Namun, iPhone tidak dapat melakukan hal tersebut. Suhu yang ekstrim dapat merusak baterai iPhone. Hindari meninggalkan ponsel di lingkungan yang terlalu panas atau dingin untuk waktu yang lama. Jika kamu akan berada di lingkungan yang ekstrem, seperti mobil yang panas atau hari yang dingin di musim dingin, pastikan untuk membawa ponsel dan menyimpannya di dalam casing.

3. Gunakan mode daya rendah

6 Cara merawat kesehatan baterai iPhone agar masa pakainya lebih lama, nomor 2 penting diperhatikan foto: tangkapan layar/techno.id/yani andriyansyah

Mode Daya Rendah adalah fitur yang bagus untuk memperpanjang masa pakai baterai iPhone. Saat kamu mengaktifkan Mode Daya Rendah, iPhone akan mengurangi kinerjanya dan menggunakan lebih sedikit daya.

Ini akan membantu baterai bertahan lebih lama. Kamu dapat mengaktifkan Mode Daya Rendah dengan membuka Pengaturan > Baterai > Mode Daya Rendah.

4. Nonaktifkan penyegaran aplikasi latar belakang

6 Cara merawat kesehatan baterai iPhone agar masa pakainya lebih lama, nomor 2 penting diperhatikan foto: tangkapan layar/techno.id/yani andriyansyah

Penyegaran aplikasi latar belakang adalah fitur yang memungkinkan aplikasi memperbarui dirinya sendiri meskipun kamu tidak menggunakannya. Namun fitur ini dapat menguras baterai, terutama jika kamu mengaktifkan banyak aplikasi untuk penyegaran aplikasi latar belakang. Kamu dapat menonaktifkan fitur ini untuk masing-masing aplikasi dengan membuka Pengaturan > Umum > Penyegaran Aplikasi Latar Belakang.

5. Tutup atau hapus aplikasi yang tidak digunakan

6 Cara merawat kesehatan baterai iPhone agar masa pakainya lebih lama, nomor 2 penting diperhatikan foto: freepik/amenic181

Setelah selesai menggunakan aplikasi, pastikan untuk menutupnya. Cara ini akan membantu mengosongkan memori dan sumber daya, yang dapat membantu memperpanjang masa pakai baterai. Kamu dapat menutup aplikasi dengan mengetuk dua kali tombol Beranda dan menggesek aplikasi ke atas. Kamu juga dapat menghapus beberapa aplikasi pihak ketiga yang tidak kamu perlukan lagi.

6. Perbarui iPhone secara teratur

6 Cara merawat kesehatan baterai iPhone agar masa pakainya lebih lama, nomor 2 penting diperhatikan foto: freepik/gesrey

iOS akan memengaruhi masa pakai baterai. Apple merilis pembaruan perangkat lunak untuk iPhone secara teratur. Pembaruan ini sering kali menyertakan perbaikan bug dan peningkatan kinerja yang dapat membantu memperpanjang masa pakai baterai. Kamu dapat memeriksa pembaruan dengan membuka Pengaturan > Umum > Pembaruan Perangkat Lunak.

(brl/red)