Begini 6 cara ampuh mengurangi pengurasan baterai saat smartphone kamu dijadikan hotspot pribadi

Begini 6 cara ampuh mengurangi pengurasan baterai saat smartphone kamu dijadikan hotspot pribadi

Techno.id - Ketika kamu memiliki kuota data yang cukup besar, tidak jarang anggota keluarga atau teman meminta koneksi internet. Mereka biasanya meminta smartphone kamu dijadikan hotspot Wi-Fi atau menggunakan fitur hotspot pribadi untuk berbagi koneksi data dengan perangkat lain. Ini merupakan cara praktis untuk gaya hidup modern dan mobile. Namun, cara ini dapat menguras daya tahan baterai ponsel kamu.

Padahal, smartphone kamu sudah menggunakan banyak daya baterai saat menggunakan internet. Ditambah lagi ketika dijadikan hotspot, maka akan lebih banyak daya baterai yang terkuras. Sebab, smartphone kamu tidak hanya meneruskan data dari dalam dan luar jaringan hotspot, tetapi juga mengirimkan informasi ke perangkat yang terhubung.

Jika sering menggunakan fitur hotspot pada smartphone kamu, daya tahan baterai akan menjadi masalah. Berikut cara menghemat baterai saat smartphone kamu dijadikan hotspot.

1. Nonaktifkan layanan latar belakang

Begini 6 cara ampuh mengurangi pengurasan baterai saat smartphone kamu dijadikan hotspot pribadi foto: freepik

Salah satu tips yang paling umum untuk meningkatkan daya tahan baterai ponsel adalah dengan menonaktifkan layanan yang tidak diperlukan yang berjalan di latar belakang.

Misalnya, matikan Wi-Fi jika kamu tidak perlu terhubung ke jaringan terdekat. Ketika sudah mengatur smartphone sebagai hotspot dengan operator selular, kamu tidak perlu menggunakan Wi-Fi juga. Sebab, dengan tetap menyalakan Wi-Fi hanya akan menghabiskan daya baterai dan membuat smartphone kamu terus mencari jaringan Wi-Fi yang sebenarnya tidak perlu.

2. Matikan layanan lokasi

Begini 6 cara ampuh mengurangi pengurasan baterai saat smartphone kamu dijadikan hotspot pribadi foto: freepik/rawpixel.com

Begitu juga dengan layanan lokasi, mungkin bukan prioritas selama pengaturan hotspot. Sebaiknya matikan lokasi. Pada iPhone, masuk ke Pengaturan > Privasi > Layanan Lokasi untuk mematikan GPS untuk semua aplikasi atau hanya aplikasi tertentu yang menguras baterai. Pada smartphone Android kamu dapat mengaksesnya dengan memilih Pengaturan > Lokasi > pindahkan penggeser Nyalaatau Mati ke Mati.

3. Sesuaikan kecerahan layar

Begini 6 cara ampuh mengurangi pengurasan baterai saat smartphone kamu dijadikan hotspot pribadi foto: unsplash/oliur

Layar smartphine menggunakan banyak sekali daya baterai. Sesuaikan kecerahan untuk menghemat lebih banyak daya tahan baterai untuk memaksimalkan baterai hotspot kamu. Kecerahan dapat disesuaikan pada iPhone melalui Pengaturan > Tampilan & Kecerahan, dan pada perangkat Android melalui Pengaturan > Tampilan > Tingkat kecerahan.

(brl/red)