6 Kebiasaan buruk yang harus kamu hindari untuk mencegah layar shadow pada panel AMOLED

6 Kebiasaan buruk yang harus kamu hindari untuk mencegah layar shadow pada panel AMOLED

Techno.id - Layar AMOLED menjadi teknologi popular dalam perangkat gadget seperti ponsel pintar dan televisi. Keunggulan kualitas gambar yang tajam dan kontras tinggi adalah salah satu daya tarik utama layar AMOLED.

Namun, salah satu masalah yang mungkin dihadapi pengguna adalah layar shadow atau bayangan tetap yang muncul pada layar. Ini adalah masalah yang dapat mengganggu pengalaman pengguna. Kondisi ini dapat disebabkan berbagai faktor.

Untuk mencegah layar shadow pada panel AMOLED, Techno.id sudah merangkum 6 kebiasan buruk yang harus kamu hindari agar kesehatan layar AMOLED tetap terjaga, Rabu (20/9).

1. Selalu menggunakan tingkat kecerahan maksimum

6 Kebiasaan buruk yang harus kamu hindari untuk mencegah layar shadow pada panel AMOLED foto: freepik.com

Menggunakan kecerahan layar pada tingkat maksimum secara terus-menerus dapat menyebabkan burn-in. Akibatnya akan muncul bayangan tetap pada layar. Hindari mengatur kecerahan pada tingkat maksimum dan pilih kecerahan yang sesuai dengan lingkungan pencahayaan. Gunakan mode dark mode pada kondisi lingkungan yang minim cahaya.

2. Penggunaan wallpaper statis

6 Kebiasaan buruk yang harus kamu hindari untuk mencegah layar shadow pada panel AMOLED foto: freepik.com

Wallpaper atau gambar latar belakang statis, memiliki elemen dengan warna yang sama dalam waktu lama dapat meningkatkan risiko burn-in. Gunakan wallpaper dinamis atau ganti gambar latar belakang secara berkala agar risiko terjadinya shadow dapat dicegah.

3. Bermain game dengan grafis maksimal

6 Kebiasaan buruk yang harus kamu hindari untuk mencegah layar shadow pada panel AMOLED foto: freepik.com/stockking

Bermain game dengan grafis maksimal membuat performa smartphone pada mode penuh. Kondisi tersebut dapat menyebabkan suhu pada smartphone meningkat dan dapat menyebabkan burn-in pada layar. Cobalah untuk menurunkan kualitas grafis agar kondisi kesehatan panel AMOLED tetap terjaga.

(magang/rama prameswara)

(brl/red)