Cara memeriksa keaslian ponsel Samsung dengan kode rahasia

Cara memeriksa keaslian ponsel Samsung dengan kode rahasia

Techno.id - Smartphone menjadi salah satu perangkat yang sangat penting dan tidak bisa dipisahkan dari kehidupan sehari-hari. Dari sekian banyak ponsel yang beredar, Samsung tentu tidak asing lagi.

Ponsel asal Korea Selatan ini cukup popular di kalangan pengguna. Saking popularnya, tidak jarang ditemui ponsel sejenis yang abal-abal alias palsu yang terkadang sulit membedakannya.

Mengapa penting memeriksa keaslian ponsel?

Menggunakan smartphone palsu atau tiruan berdampak buruk pada pengalaman pengguna. Smartphone palsu mungkin memiliki kualitas yang rendah, kinerja yang buruk, dan bahkan dapat menjadi risiko keamanan karena biasanya tidak mendapatkan pembaruan keamanan. Oleh karena itu, penting bagi pemilik ponsel Samsung untuk memeriksa keaslian perangkat mereka.

Nah untuk memastikan kamu memiliki ponsel Samsung asli, ada beberapa langkah yang dapat dilakukan, salah satunya dengan memeriksa kode rahasia. Berikut Techno.id sudah merangkum cara mengecek ponsel Samsung asli dengan kode rahasia, Rabu (20/9).

1. Kode khusus

Cara memeriksa keaslian ponsel Samsung dengan kode rahasia foto: freepik/vectonauta/tangkapan layar/techno.id/rama prameswara

Ponsel Samsung memiliki kode dial tersembunyi yang mungkin belum diketahui banyak orang. Kamu bisa mengecek keaslian ponsel Samsung dengan mengetik *#0*# pada dialer perangkat. Setelah itu akan keluar informasi pengecekan ponsel mulai dari Warna, Reciever, Vibration, Camera, dan sensor lainnya.

2. Kode IMEI

Cara memeriksa keaslian ponsel Samsung dengan kode rahasia foto: tangkapan layar/techno.id/wiji safitri

Setiap ponsel Samsung asli memiliki International Mobile Equipment Identity (IMEI) yang unik. Kamu dapat menemukan IMEI dengan mengetikkan *#06# pada dialer perangkat. IMEI yang muncul harus cocok dengan yang tertera di kotak perangkat atau dalam pengaturan.

3. Kode CSC

Cara memeriksa keaslian ponsel Samsung dengan kode rahasia foto: tangkapan layar/techno.id/wiji safitri

Kode Customer Software Customization dapat membantu pengguna menentukan asal negara perangkat Samsung. Untuk melihatnya, masuk ke Pengaturan > Tentang Telpon > Perangkat Lunak > Versi Perangkat Lunak Penyedia Layanan. Kode CSC yang benar harus sesuai dengan wilayah kamu.

Memeriksa keaslian ponsel Samsung adalah langkah yang penting untuk memastikan bahwa kamu mendapatkan produk berkualitas dan dapat menghindari risiko menggunakan perangkat palsu. Jika kamu membeli perangkat dari sumber yang tidak resmi atau ada sesuatu yang tidak benar dengan perangkat, segera hubungi layanan pelanggan Samsung atau tempat kamu membeli perangkat tersebut.

Dengan memeriksa kode rahasia dan mengikuti langkah-langkah di atas, kamu dapat memastikan bahwa ponsel Samsung kamu adalah produk asli agar dapat menikmati pengalaman pengguna yang lebih baik serta keamanan yang lebih tinggi.

(magang/rama prameswara)

(brl/red)