7 Cara meningkatkan akurasi sidik jari di ponsel cerdas, pastikan sensor selalu bersih

7 Cara meningkatkan akurasi sidik jari di ponsel cerdas, pastikan sensor selalu bersih

Cara mengatasi sensor sidik jari agar akurat

5. Lepaskan atau ganti pelindung layar

7 Cara meningkatkan akurasi sidik jari di ponsel cerdas, pastikan sensor selalu bersih foto: freepik/pixelshunter

Jika sensor sidik jari di bawah layar tidak responsif, mungkin karena pelindung layar yang kamu gunakan. Terkadang, pelindung layar, terutama yang lebih tebal seperti kaca temper, cenderung mengurangi sensitivitas sentuhan. Lepaskan pelindung layar untuk memeriksa apakah kinerja sensor meningkat.

Untuk menghindari masalah di kemudian hari, dapatkan pelindung layar dengan potongan untuk sensor sidik jari dan pastikan sudah terpasang dengan benar. Jika kamu lebih menyukai pelindung kaca, sesuaikan pengaturan sensitivitas sentuhan pada ponsel kamu untuk meningkatkan respons pemindai sidik jari.

6. Kalibrasi ulang sidik jari kamu

7 Cara meningkatkan akurasi sidik jari di ponsel cerdas, pastikan sensor selalu bersih foto: freepik/who is danny

Semakin lama kamu menggunakan ponsel, dan dengan penanganan yang lebih baik, ponsel akan berubah menjadi pola yang konsisten. Setelah berminggu-minggu menggunakan ponsel, kemungkinan besar kamu telah mengembangkan memori otot, jadi kamu sekarang membukanya dengan sudut yang berbeda dari saat pertama kali mendaftarkan sidik jari.

Bersihkan sidik jari lama jika sensor sidik jari tidak responsif seperti dulu. Mulai baru dan kalibrasi sensor dengan penggunaan dan cengkeraman kamu saat ini.

7. Perbarui, diagnosis, atau ganti

7 Cara meningkatkan akurasi sidik jari di ponsel cerdas, pastikan sensor selalu bersih foto: freepik/tinaji

Dapatkan hasil maksimal dari perangkat keras ponsel Android kamu dengan tetap mengikuti perkembangan perangkat lunak. Terkadang, sensor sidik jari memiliki bug yang telah diperbaiki oleh produsen di pembaruan sebelumnya.

Cara termudah untuk memperbarui Android adalah dengan membuka Pengaturan > Sistem > Pembaruan Sistem dan ketuk Unduh dan Instal. Jika masalah tetap ada setelah pembaruan, cari bantuan dari pusat layanan resmi untuk diagnostik terperinci. Jika ponsel kamu masih dalam garansi, ada baiknya menggantinya jika sensor sidik jari tidak berfungsi dengan baik.

(brl/red)