Tips iPhone, cara menghapus gambar identik dari iCloud secara instan

Tips iPhone, cara menghapus gambar identik dari iCloud secara instan

Techno.id - Kita semua suka mengabadikan kenangan melalui foto. Namun, sebagian besar dari kita sering mengambil bidikan yang sama beberapa kali sebelum mengambil gambar yang "benar". Parahnya lagi, kita sering lupa untuk menghapus foto-foto yang identik tersebut.

Tentu saja dengan banyaknya foto duplikat tersebut bisa menghabiskan ruang penyimpanan di iPhone atau iCloud. Untungnya, ada cara mudah untuk mengatasi masalah ini yang ada di dalam iPhone jika kamu memiliki iOS 16 atau lebih baru.

Apple memperkenalkan fitur deteksi duplikat" pada tahun 2022. Fitur ini menggunakan AI di perangkat untuk mengidentifikasi gambar yang identik dan menggabungkannya dalam album yang mudah ditemukan di aplikasi Foto. iPhone mengklasifikasikan duplikat tidak hanya sebagai salinan persis, tetapi juga sebagai foto yang tampak sama tetapi memiliki resolusi unik, format file, atau sedikit perbedaan lainnya.

Pastikan untuk mengaktifkan sinkronisasi iCloud sebelum kamu menghapus foto-foto duplikat menggunakan alat bawaan iPhone untuk mengosongkan ruang penyimpanan.

Tips iPhone, cara menghapus gambar identik dari iCloud secara instan foto: freepik/flowstudio26

1. Buka aplikasi Foto di iPhone.

2. Ketuk tab Album di bagian bawah layar.

3. Gulir ke bawah ke bagian Utilitas dan ketuk Duplikat. Di sinilah kamu dapat melihat semua foto duplikat di iPhone dan menghapusnya, baik satu per satu atau sekaligus.

4. Untuk opsi terakhir, ketuk Pilih di pojok kanan atas.

5. Ketuk Pilih Semua untuk menggabungkan semua foto duplikat yang dideteksi iPhone dan menghapusnya secara bersamaan.

6. Jika kamu ngin menghapus duplikat satu per satu, gulir ke atas dan ketuk Gabungkan pada pilihan gambar duplikat yang kamu pilih. Lalu ketuk Gabungkan Salinan (angka) untuk menghapus duplikat. Turunkan garis dan ulangi langkah ini untuk semua foto identik yang ingin kamu hapus.

(brl/red)