Android 15 akan memuat fitur yang membantu ponsel pengguna terhubung ke satelit meski tanpa jaringan

Android 15 akan memuat fitur yang membantu ponsel pengguna terhubung ke satelit meski tanpa jaringan

Techno.id - Apple memperkenalkan konektivitas satelit saat peluncuran iPhone 14 pada tahun 2022. Sementara konektivitas satelit belum menjadi arus utama di ekosistem Android. Namun, hal itu tampaknya akan berubah.

Dilansir dari androidpolice, saat ini disinyalir ada beberapa indikasi Google akan bekerjasama dengan T-Mobile untuk mengintegrasikan konektivitas satelit di Android 15 secara berbeda. Google juga berencana untuk menggunakan modem Exynos baru pada seri Pixel 9, memungkinkannya untuk berbicara dengan satelit.

Bocoran baru kini telah mengungkapkan UI penunjuk satelit Android, yang diduga merupakan bagian dari Android 15, yang menampilkan cara kerja fitur tersebut. Google berencana membantu pengguna dalam hal ini dan memberikan petunjuk terperinci.

Seperti terlihat dalam video yang dibagikan akun @Nail_Sadykov di saluran Telegram Google News, UI akan muncul di Pixel 9 yang menjalankan Android 15 saat pengguna memicu layanan darurat di zona tanpa jaringan.

Seperti yang ditunjukkan video, Google akan memberikan instruksi terperinci, meminta pengguna memiringkan ponsel atau memindahkannya ke kiri atau ke kanan untuk terhubung ke satelit. Jendela pengaturan dapat berubah menjadi jendela mengambang, memungkinkan pengguna tetap berhubungan dengan layanan darurat saat mereka mencoba meningkatkan jangkauan konektivitas satelit ponsel. Konektivitas satelit di Android akan memungkinkan pengguna menjangkau kontak darurat mereka.

Sebelum UI satelit muncul, pengguna juga akan memiliki opsi untuk memberi tahu kontak darurat bahwa mereka memerlukan bantuan. Setelah ini, pengguna harus menjawab pertanyaan yang telah ditentukan sebelumnya, dengan informasi yang mungkin diteruskan ke layanan darurat sehingga bantuan yang relevan dapat menghubungi mereka lebih cepat.

Ini berbeda dengan cara kerja fitur di iPhone, di mana satu-satunya pilihan pengguna adalah menghubungi layanan darurat. Agaknya, UI penunjuk satelit hanya akan tersedia di perangkat Pixel generasi berikutnya, seperti Pixel 9 dan Pixel Fold 2. Perangkat ini dilaporkan akan dikirimkan dengan modem Exynos 5400 baru yang menampilkan dukungan untuk jaringan non-terestrial 5G. Konektivitas satelit di Android kabarnya akan resmi diluncurkan pada akhir Oktober, bersamaan dengan peluncuran Android 15 dan seri Pixel 9.

(brl/red)