7 Cara mengetahui AirPods asli dan palsu, jangan sampai tertipu

7 Cara mengetahui AirPods asli dan palsu, jangan sampai tertipu

Techno.id - Selain digunakan untuk berkomunikasi, smartphone juga dapat mendukung berbagai aktivitas. Dari mulai pekerjaan, kegiatan belajar, hingga hiburan dapat dilakukan dengan mudah. Untuk menunjang berbagai aktivitas tersebut ada banyak produsen membentuk aksesoris-aksesoris unik. Salah satu aksesoris yang sering dicari oleh pengguna smartphone adalah earphone.

Sebagai produsen teknologi masa kini, Apple membuat earphone yang diberi nama AirPods. Aksesoris tersebut dapat disambungkan ke perangkat iPhone, iPad, maupun Macbook secara nirkabel melalui Bluetooth. Bentuknya yang praktis dan simpel membuat AirPods digemari oleh penggunanya. Terlebih saat ini Apple sering tidak menyematkan audio jack 3.5 mm.

Keberadaan AirPods sangat banyak dijumpai pada toko online maupun toko offline. Namun karena banyaknya toko yang menjual AirPods, mengakibatkan versi clone juga beredar bebas di pasaran. AirPods clone merupakan earphone tiruan yang memiliki kualitas jauh di bawah versi asli. Walaupun bentuknya serupa, namun ketahanan baterai hingga suara yang dikeluarkan jauh berbeda.

Bagi kamu yang ingin membeli sebuah AirPods, ada baiknya untuk mengetahui perbedaan AirPods asli dan palsu. Untuk dapat menilai AirPods tersebut asli atau clone bisa menyimak 7 cara berikut ini yang dirangkum techno.id pada Selasa (10/5), agar tidak mudah tertipu.

1. Cek harga AirPods.

7 Cara mengetahui AirPods asli dan palsu, jangan sampai tertipu

foto: ibox.co.id

Bagi kamu yang ingin membeli sebuah AirPods via toko online jangan sampai tergiur dengan harga murah. Apalagi harga yang ditawarkan jauh lebih murah daripada harga yang ditawarkan pada website iBox. Sebagai informasi AirPods asli mempunyai harga kisaran Rp 2 juta ke atas. Apabila terdapat toko yang menjual AirPods dengan harga Rp 1 jutaan ke bawah, bisa diperhatikan kembali apakah barang tersebut asli ataukah palsu. Terlebih menjanjikan produk masih baru, garansi belum aktif, dan dibawa secara hand carry.

2. Cek fitur AirPods.

7 Cara mengetahui AirPods asli dan palsu, jangan sampai tertipu

foto: ibox.co.id

Salah satu kelebihan AirPods asli adalah mempunyai fitur yang tidak dimiliki earphone lainnya. Silakan cek fitur yang ada pada AirPods mulai dari Find My AirPods, mengganti nama AirPods, mode terhubung ke AirPods pada homescreen, audio sharing, dan masih banyak lagi. Pastikan semua fitur tersebut berjalan dengan lancar. Apabila terdapat fitur tidak berjalan sebagaimana mestinya, lebih baik urungkan niat membeli barang tersebut.

3. Cek Ketahanan baterai AirPods.

7 Cara mengetahui AirPods asli dan palsu, jangan sampai tertipu

foto: ibox.co.id

Baterai AirPods asli mempunyai ketahanan lebih lama daripada AirPods palsu. Barang clone biasanya memiliki ketahanan baterai singkat. Persentase baterai berubah-ubah tidak menentu.

4. Cek nomor seri AirPods.

7 Cara mengetahui AirPods asli dan palsu, jangan sampai tertipu

foto: ibox.co.id

Serial number AirPods asli terletak pada tutup wadah pengisi daya. Apabila tidak terdapat nomor seri tersebut, dapat dipastikan AirPods tersebut palsu. Nomor seri AirPods menjadi tolak ukur apakah barang tersebut asli atau palsu. Karena AirPods super clone sangat sulit untuk meniru serial number versi asli.
Selain itu mengecek nomor seri juga dapat dilakukan menggunakan website. Caranya silakan masuk ke website checkcoverage.apple.com/id. Kemudian masukan serial number AirPods di kolom yang tersedia.

5. Cek kondisi suara AirPods.

7 Cara mengetahui AirPods asli dan palsu, jangan sampai tertipu

foto: ibox.co.id

Memang membedakan kondisi suara AirPods asli dan yang clone bisa dilakukan. Biasanya versi clone mempunyai suara yang cenderung kurang jernih dibandingkan versi asli. Bahkan AirPods clone perlu menaikan volume tinggi untuk mendapatkan suara maksimal. Kemudian barang clone cepat mengalami penurunan kualitas suara setelah beberapa waktu dipakai.

6. Cek kondisi fisik AirPods.

Ada perbedaan bentuk fisik yang dapat dilihat untuk membedakan AirPods asli maupun palsu. Kamu bisa melihat pada bagian mic bawah AirPods. Terdapat sebuah tutup diffuser berbentuk sedikit oval untuk barang yang asli. Kemudian untuk yang palsu sedikit terlihat bolong. Kemudian diffuser dari AirPods asli lebih presisi.

Kondisi lain yang terlihat untuk membedakan apakah AirPods tersebut asli atau palsu terletak pada bagian case. Pada case AirPods palsu letaknya lebih tinggi daripada case asli. Kemudian tulisan AirPods palsu lebih tebal dan buram. Berbeda dengan versi asli yang tampak rapi dan tipis.

7. Cek box AirPods.

Cara membedakan AirPods asli maupun palsu juga dapat dilihat pada box yang disediakan. Pada versi asli celah antara tutup dan kotak cukup rapat dan presisi daripada AirPods palsu. Tulisan pada AirPods palsu lebih tebal dan buram. Kemduian secara jelas terdapat gambar kabel lightning yang terpotong pada bagian bawah untuk versi palsu.


(brl/guf)