Google hadirkan Switch to Android bagi pengguna iOS, apa fungsinya?

image

Techno.id - Belum lama ini Google secara resmi meluncurkan sebuah aplikasi bagi pengguna iPhone yang bisa digunakan untuk menghubungkan perangkat berbasis iOS ke dalam perangkat dengan basis Android.

Aplikasi ini diluncurkan oleh Google secara diam-diam karena status aplikasi yang masih unlisted. Artinya aplikasi ini masih belum tersedia di berbagai website atau aplikasi penyedia layanan seperti App Store, Play Store, dan lain sebagainya.

Google menamai aplikasi terbaru mereka dengan nama Switch to Android. Dengan fungsi dan fitur yang disediakan, pengguna iOS akan dengan mudah menggunakan Switch to Android pada perangkat yang mereka gunakan.

Lalu apa fungsi dari Switch to Android? Untuk membahas lebih detail, techno.id telah merangkum dari berbagai sumber pada Sabtu (16/4) terkait fungsi dari Switch to Android.

Secara umum Switch to Android adalah sebuah aplikasi dari Google untuk para pengguna iOS yang bisa digunakan untuk berbagai keperluan pemindahan dan pengcopyan file. Switch to Android bisa digunakan untuk memindahkan foto, video, data kalender, kontak, dan lain sebagainya.

Switch to Android memiliki kesamaan dengan Move to iOS yang sudah dirilis oleh Apple sejak 2015 lalu. Dilansir dari play.google.com, Move to iOS adalah suatu aplikasi dari Apple yang bisa digunakan untuk memindahkan data Contacts, Message history, Camera photos and videos, Web bookmarks, Mail accounts, Calendars pada perangkat Android ke dalam perangkat iOS.

Kini Google menghadirkan Switch to Android sebagai timbal balik jasa yang disediakan oleh Apple dengan menghadirkan aplikasi tersebut.

Dikutip dari 9to5Google "Proses pemindahan data dari Android menggunakan sistem QR Code yang sayangnya masih belum berjalan dengan maksimal. Jika fitur ini sudah optimal untuk pengguna Android, berbagai data bisa ditransfer secara wireless tanpa menggunakan konektivitas kabel."

9to5Google juga memaparkan sebuah screenshot yang menggambarkan berbagai data yang bisa ditransfer menggunakan Switch to Android. Berbagai data yang ada di antaranya kontak, calendar events, foto dan video. "Pada screenshot tersebut dijelaskan bahwa hanya foto dan video yang akan tercopy pada iPhone dari Android yang digunakan."

Switch to Android pixabay.com; YouTube/9to5Google

foto: YouTube/9to5Google

Switch to Android masih ditunggu untuk peluncurannya secara resmi oleh Google. Jika benar aplikasi ini merupakan salah satu kemudahan terbaru untuk memindahkan berbagai data dari iPhone ke Android, maka berbagai user iPhone yang ingin beralih ke Android dapat mengcopy berbagai data yang mereka miliki pada perangkat sebelumnya.

(brl/tin)