7 Cara mengatasi pengisian daya cepat smartphone Android yang tidak optimal, ketahui penyebabnya  

7 Cara mengatasi pengisian daya cepat smartphone Android yang tidak optimal, ketahui penyebabnya  

Techno.id - Teknologi pengisian daya cepat (fast charging) saat ini menjadi salah satu inovasi yang ditawarkan produsen smartphone. Dengan teknologi ini, pengguna bisa menghemat waktu saat mengisi daya perangkat mereka.

Beberapa produsen bahkan menjanjikan pengisian daya smartphone dari 0% hingga 100% kurang dari satu jam. Namun teknologi fast charging tak selalu berjalan mulus.

Pada beberapa kasus, justru teknologi ini tidak bisa bekerja secara optimal. Artinya kemampuan pengisian daya cepat yang dijnajikan justru tidak bekerja. Adaptor tetap bisa mengisi daya, hanya saja dalam kecepatan normal.

Banyak faktor yang menyebabkan adaptor fast charging tidak bisa bekerja opttimal. Sebelum mengambil kesimpulan terjadi kerusakan pada adaptor fast charging atau ponsel, sebaiknya ditelisik terlebih dahulu penyebabnya. Bisa jadi kondisi tersebut dikarenakan preferensi pengguna.

Berikut Techno.id paparkan penyebab dan cara mengatasi fast charging yang tidak bekerja optimal.

1. Mengisidayaponsel dalammodepenghematbaterai

7 Cara mengatasi pengisian daya cepat smartphone Android yang tidak optimal, ketahui penyebabnya foto: freepik/vlarvix

Kamu dapat mengaktifkan mode Penghemat Baterai atau Penghemat Daya agar secara otomatis membatasi semua aplikasi yang menghabiskan banyak baterai. Ikuti langkah-langkah mudah ini untuk mengaktifkan mode Penghemat Baterai di Android.

1. Buka Pengaturan dan ketuk Baterai untuk menemukan mode Penghemat Baterai.

2. Aktifkan 'Gunakan Penghemat Baterai' untuk mengaktifkannya. Atau, kamu dapat mengusap ke bawah panel notifikasi untuk mengaktifkannya.

2. Hapusfilecacheaplikasi

7 Cara mengatasi pengisian daya cepat smartphone Android yang tidak optimal, ketahui penyebabnya foto: freepix/nampix

Sudah menjadi fakta umum bahwa akumulasi file cache aplikasi yang berlebihan dapat memperlambat smartphone. Akibatnya, kelambatan ini memengaruhi kesehatan baterai dan secara signifikan memperlambat kecepatan pengisian daya perangkat.

Meskipun Android tidak menawarkan satu menu pun untuk menghapus seluruh cache aplikasi sistem, kamu harus melakukannya secara manual untuk setiap aplikasi dengan mengikuti langkah-langkah berikut.

1. Buka Pengaturan dan ketuk Aplikasi.

2. Mulailah dengan aplikasi yang kamu inginkan dan ketuk Penyimpanan dan Cache.

3. Terakhir, tekan Hapus Cache untuk menghapus file cache aplikasi. Ulangi langkah-langkah tersebut dengan aplikasi lain untuk menghapus semua file cache dari ponsel Android Anda.

3. Boot kesafemode

7 Cara mengatasi pengisian daya cepat smartphone Android yang tidak optimal, ketahui penyebabnya foto: freepik/tonpixs

Safe mode adalah fitur yang disediakan sistem Android yang dapat menyelesaikan masalah yang terkait dengan konfigurasi atau ketidakcocokan aplikasi. Kamu dapat memulai ulang perangkat dengan aman untuk memeriksa apakah ada masalah perangkat lunak yang menyebabkan masalah pada pengisian daya cepat. Ikuti langkah-langkah ini untuk perbaikan yang mudah.

1. Tekan lama tombol Daya untuk membuka Menu Daya.

2. Selanjutnya, ketuk lama Daya Mati dan ketuk OK untuk menghidupkan ulang perangkat ke mode aman.

3. Terakhir, sambungkan pengisi daya dan verifikasi apakah perangkat kamu mengisi daya lebih cepat. Jika iya, reboot kembali ke mode normal dan hapus instalan aplikasi yang baru saja diinstal yang mengganggu pengisian daya perangkat.

4. Periksasambungan yanglonggar

7 Cara mengatasi pengisian daya cepat smartphone Android yang tidak optimal, ketahui penyebabnya foto: freepik/andranik.h90

Sambungan yang longgar dan kerusakan internal pada port pengisian daya dapat mengakibatkan kecepatan pengisian daya yang tidak tepat pada perangkat. Dalam situasi seperti itu, mengganti perangkat keras pengisian daya dengan teknisi bersertifikat lebih baik. Penggunaan perangkat keras yang rusak dalam jangka waktu lama dapat berakibat fatal dan menyebabkan kerusakan yang tidak dapat diperbaiki pada baterai.

(brl/red)