7 Cara memperbaiki mikrofon iPhone yang tidak berfungsi

7 Cara memperbaiki mikrofon iPhone yang tidak berfungsi

Techno.id - Bagi pengguna ponsel cerdas modern, mikrofon adalah bagian penting yang membantu mereka berinteraksi dengan asisten suara, merekam pesan, atau mengobrol dengan teman. Untuk iPhone, ketiga mikrofonnya bekerja melalui lubang kecil yang terletak di bagian depan, belakang, dan bawah perangkat.

Setiap mikrofon dirancang untuk fungsi yang berbeda, seperti menerima panggilan (depan) dan merekam video (belakang). Mikrofon ketiga membantu dengan fitur peredam bising.

Namun ada kalanya mikrofon pada iPhone mengalami kerusakan. Kalau sudah begitu, biasanya iPhone tidak nyaman digunakan. Untungnya, ada beberapa metode yang dapat kamu coba agar mikrofon iPhone berfungsi kembali.

1. Lepaskan casing

7 Cara memperbaiki mikrofon iPhone yang tidak berfungsi foto: freepik/starline

Tidak jarang pengguna memakai casing untuk melindungi layar dan perangkat mereka dari benturan. Selain untuk perlindungan, casing iPhone sering kali berfungsi sebagai pernyataan mode, terutama dengan berbagai macam desain yang ditawarkan Apple dan produsen pihak ketiga. Faktanya, beberapa casing iPhone tahan air bahkan dapat mengubahnya menjadi kamera bawah air.

Ada banyak aksesori iPhone yang bagus di pasaran, seperti casing MagSafe yang praktis dan bergaya. Tetapi beberapa di antaranya dapat menyebabkan masalah mikrofon jika tidak dirancang dengan benar, terutama jika dibuat produsen pihak ketiga.

Jika mikrofon tidak berfungsi dengan baik, Apple menyarankan untuk melepas hal-hal seperti pelindung layar dan casing, yang dapat memblokir atau meredam mikrofon perangkat secara tidak sengaja.

2. Bersihkan mikrofon

7 Cara memperbaiki mikrofon iPhone yang tidak berfungsi foto: freepik/pvproductions

Jika mikrofon masih tidak berfungsi setelah melepas casing, langkah selanjutnya adalah mempertimbangkan untuk membersihkannya. Agar iPhone tetap berfungsi selama mungkin, menjaga perawatan rutin adalah hal yang penting.

Apple rajin memperingatkan pengguna untuk membersihkan penyimpanan internal iPhone. Namun membersihkan perangkat keras adalah keharusan bagi pengguna. Dengan penggunaan yang cukup lama, lubang-lubang kecil pada mikrofon dapat tersumbat partikel debu hingga kotoran.

Mirip dengan membersihkan speaker iPhone, berhati-hatilah untuk tidak menggunakan alat tajam atau cairan yang berlebihan. Yang terbaik adalah menggunakan peniup udara, selotip, sikat, atau tusuk gigi kayu.

3. Putuskan sambungan dari perangkat Bluetooth

7 Cara memperbaiki mikrofon iPhone yang tidak berfungsi foto: freepik/masha-maerdon

Selanjutnya, jika ada beberapa perangkat yang terhubung ke iPhone melalui Bluetooth, sistem mungkin tidak berfungsi sebagaimana mestinya. Misalnya, kamu mungkin mengira mikrofon tidak berfungsi, tetapi sebenarnya mikrofon tersebut diaktifkan di perangkat eksternal seperti speaker rumah pintar. Selain itu, iPhone kamu mungkin juga terjebak dalam mode headphone tanpa kamu sadari.

Salah satu solusi cepat adalah mematikan Bluetooth sama sekali. Untuk melakukan ini, kamu dapat menggeser ke bawah layar iPhone untuk membuka Pusat Kontrol dan mengetuk tombol Bluetooth untuk mematikannya. Atau, kamu dapat membuka aplikasi Pengaturan iPhone > Bluetooth, dan mematikan tombol.

Di bawah menu Perangkat Saya, kamu juga dapat meninjau perangkat mana yang terhubung. Jika menduga beberapa di antaranya menyebabkan masalah dengan mikrofon internal, kamu dapat menghilangkannya dengan mengetuk tombol I atau informasi selengkapnya > Lupakan Perangkat Ini.

4. Nyalakan mikrofon untuk merekam layar

7 Cara memperbaiki mikrofon iPhone yang tidak berfungsi foto: freepik/grinvalds

Untuk mengaktifkan perekaman suara untuk pengambilan layar iPhone, ikuti langkah-langkah berikut.

1. Di iPhone, geser ke bawah dari sisi kanan layar untuk membuka Pusat Kontrol.

2. Di bagian bawah layar, ketuk dan tahan tombol Perekaman Layar.

3. Di menu Perekaman Layar, ketuk tombol Mikrofon yang terletak di bagian bawah layar.

4. Konfirmasikan apakah tombolnya berwarna merah dan bertuliskan On di bawah Mikrofon.

5. Lanjutkan untuk merekam layar.

Saat menyalakan mikrofon untuk Merekam Layar, pengaturan ini akan dipertahankan hingga kamu menggunakannya lagi. Jadi, jika ingin menghindari merekam percakapan pribadi secara tidak sengaja di masa mendatang, kamu mungkin ingin mematikannya lagi setelah selesai menggunakannya.

(brl/red)