Cara membuat tampilan ponsel cerdas Android tampak seperti iPhone

Cara membuat tampilan ponsel cerdas Android tampak seperti iPhone

Techno.id - Perangkat Android menawarkan tingkat penyesuaian yang menarik, memungkinkan pengguna mengontrol tampilannya sendiri, bahkan dapat membuatnya terlihat seperti iPhone. Ada banyak cara untuk menyesuaikan ponsel cerdas Android jadi terasa seperti iPhone secara tampilan.

Mulai dari penggantian layar beranda dan paket ikon aplikasi hingga font khusus. Android 12 memperkenalkan fitur bertema yang memungkinkan warna dinamis di seluruh sistem diterapkan secara otomatis ke semua aplikasi yang kompatibel.

Dengan Android 14, kamu bisa mengatur lebih banyak opsi untuk menyesuaikan perangkat. Google akan terus memperluas upayanya untuk memastikan Android tetap dapat dikustomisasi.

Cara membuat perangkat Android terlihat seperti iPhone

Cara membuat tampilan ponsel cerdas Android tampak seperti iPhone foto: freepik/btocdatabasecom

Kamu dapat menyesuaikan perangkat Android terlihat seperti iPhone dengan beberapa perubahan menggunakan penggantian layar beranda pihak ketiga, paket ikon, dan tema khusus dari Google Play Store.

Karena kamu tidak dapat menginstal iOS, jadi ini adalah pilihan terbaik untuk memberi tampilan iPhone pada perangkat Android. Apple tidak mendistribusikan ulang perangkat lunaknya ke produsen lain, seperti yang dilakukan Google dengan Android.

Perangkat lunak Apple dirancang hanya untuk produknya dalam ekosistem tertutup, sedangkan Android menyediakan perangkat lunak sumber terbuka. Misalnya, penggantian layar beranda iPhone dapat mengubah tampilan ponsel Android, tetapi tidak mengubah cara kerjanya.

Ikon browser web kamu mungkin beralih ke Safari, tetapi itu tidak berarti browser Apple terpasang di ponsel kamu ya. Itu hanya mengubah ikon dan nama di peluncur. Browser default kamu masih terbuka saat kamu mengetuk ikon tersebut.

Peluncur, aplikasi, dan tema pihak ketiga dari Google Play Store tidak memerlukan rooting atau jailbreaking. Namun, deretan aplikasi tersebut berisi iklan yang dapat mengganggu. Matikan izinnya menggunakan aplikasi lain untuk memblokirnya di perangkat Android.

Beberapa aplikasi mungkin mengharuskan kamu membayar untuk menghapus iklan atau mengakses konten premium. Selain itu, peluncur terbatas pada layar beranda dan layar kunci. Pengaturan dan menu pengelola file tetap sama. Untuk mengubah tampilan perangkat Android sepenuhnya, unduh tema. Gunakan tip berikut untuk mengubah tampilan iPhone pada ponsel Android kamu.

Instal peluncur beranda iPhone

Cara membuat tampilan ponsel cerdas Android tampak seperti iPhone foto: freepik/framestudio

Peluncur memungkinkan kamu mempersonalisasi galeri aplikasi dan layar beranda ponsel. Kamu dapat mengubah ikon, menambahkan widget, dan mengatur ulang tata letak.

Sebagian besar peluncur memiliki pengaturan personalisasi layar kunci, Pusat Kontrol, dan Dynamic Island. Kamu tidak perlu mengunduh aplikasi terpisah. Nova dan Apex Launcher Pro adalah salah satu peluncur Android terbaik di pasaran.

Menjadikan peluncur pihak ketiga sebagai aplikasi layar beranda default kamu memastikannya berfungsi dengan benar. Jika kamu menolak, ponsel akan meminta kamu memilih layar beranda utama atau kembali ke pengaturan default. Kamu mungkin perlu mematikan aplikasi Digital Wellbeing di ponsel, karena dapat diatur ulang ke layar beranda asli di beberapa ponsel.

Sebagian besar peluncur pihak ketiga memerlukan akses ke izin perangkat tertentu sebelum kamu dapat menggunakannya. Setelah memberikan izin aplikasi yang tepat, kamu dapat menerima persyaratan dan perjanjian layanan apa pun yang mungkin muncul. Aplikasi ini secara otomatis membuka halaman aplikasi beranda Default, memungkinkan kamu memilihnya sebagai aplikasi pengganti layar beranda utama.

Unduh tema dan paket ikon

Cara membuat tampilan ponsel cerdas Android tampak seperti iPhone foto: freepik

Tema adalah gaya atau desain yang mengubah antarmuka pengguna (UI) ponsel, termasuk ikon, wallpaper, dan menu. Transformasi mungkin tidak terlihat jika ponsel kamu dalam mode gelap, jadi kamu harus menonaktifkannya.

Peluncur khusus memungkinkan kamu berinteraksi dengan aplikasi di layar beranda dan layar kunci sambil memiliki tema bawaan. Memungkinkan kamu mengonfigurasi transisi halaman, tata letak, dan pengaturan cepat. Kamu juga dapat menambahkan widget untuk mempersonalisasi layar dengan fitur atau elemen baru yang unik.

Jika kamu tidak ingin merombak total layar beranda atau UI, pertimbangkan untuk menggunakan paket ikon. Paket ini memudahkan mengubah gaya, bentuk, dan warna ikon. Bagi mereka yang memiliki ponsel Samsung terbaru, unduh dan ubah ikon aplikasi dari aplikasi Galaxy Themes. Perangkat lain mungkin memerlukan aplikasi tema bawaan atau Google Play Store untuk mengunduh paket ikon, tema, dan wallpaper.

(brl/red)