Cara menjawab dan mengakhiri panggilan telepon serta FaceTime menggunakan Siri

Cara menjawab dan mengakhiri panggilan telepon serta FaceTime menggunakan Siri

Techno.id - Selain memulai panggilan telepon, kamu dapat menggunakan Siri untuk menjawab panggilan telepon masuk dan FaceTime. Saat panggilan selesai, kamu juga dapat menggunakan Siri untuk mengakhirinya.

Dengan memanfaatkan beberapa fitur Siri, kamu dapat menggunakannya untuk melakukan panggilan, menjawab panggilan masuk, dan juga mengakhiri panggilan telepon. Ini dapat dilakukan secara handsfree menggunakan speaker, atau dengan headphone.

Perlu dicatat bahwa fitur-fitur ini akan berfungsi di iPhone 11 atau yang lebih baru, serta Apple Watch. Beberapa fitur hanya akan berfungsi dengan iPhone lama jika kamu menggunakan headphone AirPods atau Beats yang memiliki fungsionalitas Siri.

Cara menjawab panggilan masuk menggunakan Siri

Cara menjawab dan mengakhiri panggilan telepon sertaFaceTime menggunakan Siri foto: freepik/jet-po

Saat iPhone berdering, kamu cukup mengucapkan Siri, jawab panggilan di speaker. Cara ini nyaman ketika tangan kamu sibuk memegang sesuatu. Jadi kamu cukup melihat di layar untuk mengetahui siapa yang menelepon, lalu gunakan Siri untuk menjawabnya.

Cara yang lebih umum adalah dengan memutuskan terlebih dahulu apakah kamu ingin menjawab panggilan telepon atau FaceTime hanya dengan menggunakan suara. Caranya dengan menyiapkan fitur Umumkan Panggilan. Aktifkan ini dengan membuka Pengaturan, lalu ketuk Siri & Penelusuran, lalu ketuk Umumkan Panggilan.

Ini akan memberi kamu beberapa opsi. Kamu dapat memilih agar Siri selalu mengumumkan panggilan masuk, atau hanya saat kamu menggunakan headphone.

Ada opsi lain untuk memungkinkan menjawab panggilan telepon secara handsfree saat kamu memakai headphone atau menggunakan opsi speaker. Secara default, opsi diatur ke jangan pernah mengumumkan panggilan.

Jika kamu ingin menggunakan Siri untuk menjawab panggilan telepon tanpa memakai headphone, pilih opsi Selalu. Ini akan mengumumkan semua panggilan masuk dengan mengidentifikasi penelepon, jika namanya ada di kontak kamu atau ID Penelepon aktif. Untuk menerima panggilan, cukup ucapkan Siri, jawab panggilan. Panggilan kemudian akan disambungkan ke speaker atau headphone.

Mengakhiri panggilan menggunakan Siri

Cara menjawab dan mengakhiri panggilan telepon sertaFaceTime menggunakan Siri foto: freepik/grinvalds

Biasanya, panggilan akan berakhir secara otomatis ketika kedua belah pihak menutup telepon. Jika iPhone berada dalam jangkauan, kamu juga dapat mengakhiri panggilan dengan menekan tombol Tutup merah di layar.

Jika layar mati atau redup, kamu dapat mengetuk layar di mana saja untuk membangunkannya, lalu mengetuk tombol Tutup. Dalam beberapa situasi, kamu mungkin ingin mengakhiri panggilan sebelum waktunya, atau hanya dengan menggunakan suara. Untuk opsi ini, kamu harus mengaktifkannya terlebih dahulu di Pengaturan.

Di iPhone, kembali ke Pengaturan, dan kembali ke Siri & Pencarian dan pastikan fitur Hangup Panggilan diaktifkan. Jika kamu masih menjalankan iOS 15 atau versi lebih lama, prosedurnya sedikit berbeda. Di Pengaturan, buka Aksesibilitas, lalu ketuk Siri, dan aktifkan fitur Tutup Panggilan.

Kamu sekarang dapat meminta Siri untuk menutup panggilan saat menggunakan speaker atau headphone. Ketahuilah bahwa penelepon akan mendengar kamu mengatakan ini sebelum panggilan berakhir. Di Apple Watch, kamu dapat memberi tahu Siri untuk menutup panggilan, atau menekan tombol merah Akhiri panggilan di layar jam tangan kamu.

(brl/red)