7 Cara cek kondisi laptop bekas, ini yang musti kamu perhatikan

7 Cara cek kondisi laptop bekas, ini yang musti kamu perhatikan

Techno.id - Laptop merupakan salah satu perangkat yang memiliki banyak kegunaan. Selain berfungsi sebagai sarana untuk mempermudah pekerjaan laptop juga menjadi salah satu barang elektronik yang bisa diandalkan untuk mendapat akses hiburan. Bermain game, streaming video, hingga melakukan panggilan video menggunakan beberapa aplikasi tambahan bisa dilakukan dengan mudah berkat bantuan laptop.

Saking populernya barang elektronik tersebut, banyak sekali orang dan pedagang yang menjual laptop dalam kondisi tangan kedua atau second. Perlu digaris bawahi, laptop dengan kondisi second tentu memiliki banyak perbedaan dengan yang baru. Tak jarang ada beberapa orang yang menjual laptop mereka karena kondisi yang kurang prima.

Maka dari itu, saat akan membeli laptop dalam kondisi bekas tentu ada beberapa poin yang perlu diperhatikan. Mengecek kondisi laptop bekas menjadi penting agar tidak terjadi penyesalan di kemudian hari. Pasalnya, bukan satu dua orang yang mengeluhkan problem yang terjadi pada laptop bekas yang telah dibelinya.

Berkenaan dengan pembahasan tersebut, berikut techno.id telah merangkum dari berbagai sumber pada Kamis (1/12), 7 cara cek kondisi laptop bekas.

Cara cek kondisi laptop bekas

7 Cara cek kondisi laptop bekas, ini yang musti kamu perhatikan

foto: pexels.com

Saat membeli laptop dalam kondisi bekas, tentu ada beberapa poin yang perlu diperhatikan. Sesuai yang telah dijelaskan di atas, pengecekan laptop bekas menjadi penting saat kamu akan membeli perangkat tersebut. Pasalnya, tidak semua bagian pada laptop bekas akan mendapat garansi seperti saat perangkat tersebut dalam kondisi baru.

Bagi kamu yang ingin membeli laptop bekas, setidaknya perhatikan dulu bagian-bagian yang ada pada semua komponen laptop. Untuk mulai mengecek kondisi laptop bekas yang akan dibeli, kamu bisa simak ulasan berikut.

1. Perhatikan seluruh body laptop

Saat kamu akan membeli sebuah laptop, sektor yang paling penting untuk diperhatikan tentu ada di bagian body. Pasalnya, sektor ini merupakan salah satu yang paling awal akan dilihat. Kamu bisa meneliti inci demi inci body laptop yang akan kamu beli. Beberapa laptop bahkan memiliki kondisi fisik yang seolah sangat mulus, padahal ditutupi dengan berbagai cara agar tampil menawan. Jika pada body laptop terdapat penutup seperti stiker, kamu bisa melepasnya terlebih dahulu untuk memastikan kemulusan perangkat tersebut.

2. Periksa layar laptop

Selain body, layar pada sebuah laptop menjadi komponen penting yang perlu diperhatikan. Hal tersebut tentu dilandasi oleh fungsi utama sebuah layar yang digunakan untuk menampilkan banyak konten. Jika layar laptop bekas yang akan kamu beli mengalami kerusakan, maka sangat disarankan untuk mencari yang lain. Perlu diketahui, kerusakan pada layar laptop merupakan salah satu yang perlu diwaspadai.

Masalahnya, kerusakan pada layar laptop akan lebih cepat menyebar daripada sektor lain. Sebagai contoh, jika pada layar laptop terdapat satu garis melintang, bukan tidak mungkin dalam dua atau tiga minggu berikutnya akan muncul garis tambahan yang mengindikasikan kerusakan.

3. Cek keyboard dan touchpad

Sebagai sebuah perangkat portable yang bisa dibawa kemanapun, keyboard dan touchpad tentu menjadi satu paket yang tidak bisa dipisahkan. Kombinasi dua sektor tersebut yang bisa dibilang memudahkan setiap pengguna laptop. Kamu perlu melakukan pemeriksaan pada setiap keys laptop untuk mengetahui barang kali ada kerusakan di sektor tersebut. Tak lupa, pengecekan pada touchpad juga penting dilakukan untuk mengantisipasi kerusakan pada bagian tersebut yang akan menyulitkan kamu.

4. Periksa kondisi baterai

Baterai merupakan sektor lain yang tidak kalah penting. Kamu perlu memeriksa kesehatan baterai pada laptop bekas yang akan kamu beli nantinya. Untuk melakukan pengecekan kesehatan baterai, techno.id telah membuat artikel yang bisa kamu jadikan rujukan untuk mengetahui kondisi baterai perangkat tersebut. Dengan mengetahui kesehatan baterai laptop bekas yang akan kamu beli, setidaknya kemungkinan pembengkakan dana untuk mengganti sektor tersebut bisa diantisipasi.

5. Ketahui spesifikasi laptop

Spesifikasi pada sebuah laptop tentu penting untuk diketahui. Pasalnya, kinerja sebuah laptop akan sangat dipengaruhi oleh spesifikasi yang disematkan. Kamu bisa menggunakan beberapa cara untuk mengetahui spesifikasi pada laptop. Penggunaan aplikasi tambahan, mengecek melalui System Information, serta menggunakan Command Prompt bisa kamu lakukan untuk mengetahui spesifikasi laptop bekas yang akan kamu beli nantinya.

6. Periksa RAM dan sistem penyimpanan

Spesifikasi yang ada pada sebuah laptop pada dasarnya termasuk dengan RAM dan storage yang digunakan. Namun kamu juga perlu memeriksa RAM dan storage pada laptop barangkali dus sektor tersebut sudah bukan bawaan aslinya lagi. Cara yang bisa kamu lakukan adalah dengan membongkar perangkat tersebut untuk mengetahui jenis RAM yang dipakai, begitupun dengan sistem penyimpanan. untuk memperkuat, kamu bisa menginstal beberapa aplikasi tambahan untuk memastikan keaslian RAM dan storage yang digunakan.

7. Cek kondisi I/O port

I/O port pada dasarnya merupakan singkatan dari In/Out port. Semua laptop tentu memiliki I/O port yang berada pada sisi kanan, kiri atau belakang body laptop. kamu bisa menggunakan beberapa aksesori seperti flashdisk, headset, kabel Wi-Fi (RJA), HDMI/VGA, atau bahkan komponen lain yang menggunakan dongle USB Type C jika dimungkinkan. Pengecekan ini tentu penting dilakukan untuk menghindari kemungkinan port yang tidak berfungsi.


(brl/guf)