7 Aplikasi cek kualitas udara di Android dan iOS, mudah dipakai

image

Techno.id - Udara merupakan sebuah nikmat Tuhan YME yang berguna bagi kehidupan makhluk hidup di dunia. Namun akhir-akhir ini tersiar kabar kurang mengenakan tatkala Jakarta dipilih sebagai salah satu kota dengan kualitas udara buruk. Hal tersebut tentu membuat masyarakat merasa khawatir, mengingat ancaman virus pandemi yang masih mengintai.

Kualitas udara khususnya di perkotaan maupun kawasan industri memang identik dengan kotor bahkan tidak menyehatkan. Oleh karenanya menjaga tubuh agar tidak mudah terserang penyakit harus sering dilakukan. Salah satu cara paling mudah yaitu dengan rutin berolahraga dan makan makanan sehat.

Selain itu, melakukan pemantauan terhadap kualitas udara juga bisa dilakukan. Berkat kecanggihan teknologi, saat ini ada berbagai aplikasi penyedia layanan melihat kualitas udara di lingkungan sekitar. Kali ini techno.id pada Selasa (21/6) telah merangkum 7 aplikasi cek kualitas udara di Android maupun iOS dari berbagai sumber.

1. IQAir Air Visual.

Aplikasi kualitas udara   berbagai sumber

foto: play.google.com

Aplikasi IQAir Air merupakan aplikasi yang sering dipakai pengguna Android maupun iOS untuk melakukan pengecekan kualitas udara sekitar. Aplikasi ini dapat memberikan informasi mengenai kualitas udara di lebih dari 10 ribu kota di seluruh dunia. Tampilan dengan model grafik membuat pengguna lebih jelas membaca data yang ada. Bahkan aplikasi ini dapat membagi data ke kontak WhatsApp maupun media sosial pengguna.

2. Nafas.

Aplikasi kualitas udara   berbagai sumber

foto: play.google.com

Aplikasi karya anak bangsa ini dapat diandalkan untuk mencari informasi mengenai kualitas udara sekitar. Keunggulan dari aplikasi adalah dapat memberikan notifikasi apabila udara disekitar mulai memburuk. Aplikasi ini juga memberikan edukasi serta tips agar pengguna dapat menghindari polusi udara, sehingga tubuh tetap sehat.

3. Air Quality.

Aplikasi kualitas udara   berbagai sumber

foto: play.google.com

Air Quality merupakan platform penyedia layanan untuk mengecek kualitas udara secara berkala. Aplikasi ini dapat memantau polusi udara sekitar tempat pengguna berada. Apabila terdapat penurunan kualitas udara, pengguna dapat langsung memberikan informasi tersebut ke akun media sosial dengan mudah.

4. BreezoMeter.

Aplikasi kualitas udara   berbagai sumber

foto: play.google.com

Aplikasi cek udara selanjutnya adalah BreezoMeter. Platform ini memanfaatkan mesin pembaca dengan kemampuan Ai canggih untuk memberikan informasi terkait kualitas udara dan serbuk sari. Bahkan informasi yang disajikan untuk pengguna dapat dilihat secara real time dan akurat. Selain itu aplikasi ini juga memberikan prediksi kualitas udara lima jam ke depan pada titik tertentu.

5. UdaraKita.

Aplikasi kualitas udara   berbagai sumber

foto: play.google.com

UdaraKita merupakan aplikasi buatan dalam negeri yang memberikan layanan untuk mengetahui kualitas udara sekitar. Platform bentukan Greenpeace Indonesia ini dapat digunakan untuk mengetahui kualitas udara dan mengantisipasi ancaman bahaya polusi udara. Udara Kita saat ini dapat menjangkau kota-kota besar di Tanah Air seperti Jakarta, Bandung, Bali, Semarang, hingga Pekanbaru. Selain itu, pengguna dapat melakukan pengaduan dengan fitur yang disediakan oleh developer.

6. Google Maps.

Aplikasi kualitas udara   berbagai sumber

foto: play.google.com

Google Maps memberikan update dengan menambahkan fitur untuk melakukan pengecekan kualitas udara. Fitur Kualitas Udara yang ada di Maps sudah dapat digunakan. Cara cukup melakukan update aplikasi Maps, dan buka menu opsi yang disediakan. Dengan adanya update tersebut, selain mengetahui rute perjalanan pengguna juga dapat memprediksikan bagaimana kualitas udara tempat yang akan dikunjungi.

7. Air Meter.

Aplikasi kualitas udara   berbagai sumber



foto: play.google.com

Air Meter merupakan platform untuk melakukan pengecekan kualitas udara yang cukup andal. Aplikasi ini dapat memberikan layanan informasi mengenai kualitas udara di 180 negara. Platform yang dapat digunakan untuk Android maupun iOS bekerja dengan memonitor pergerakan kualitas udara secara real time. Bahkan Air Meter akan memberikan peringatan apabila udara sekitar mulai menurun akibat polusi udara atau bahkan kebakaran hutan dan lainnya.

(brl/guf)