6 Tips membeli smartphone lewat online shop agar aman, jangan tergiur harga murah

6 Tips membeli smartphone lewat online shop agar aman, jangan tergiur harga murah

-

3. Bandingkan fitur dan harga

6 Tips membeli smartphone lewat online shop agar aman, jangan tergiur harga murah (Foto: Freepik.com/pressmaster)

Sebelum membeli smartphone, sebaiknya kamu riset kecil-kecilan lewat internet terlebih dahulu mengenai fitur dan harga smartphone di situs resminya. Sesuaikan barang yang ingin kamu beli dengan budget yang ada. Kamu juga perlu memeriksa apakah barang tersebut memiliki garansi resmi dan bagaimana juga dengan layanan purna jualnya.

Sebelum memutuskan jenis dan merek ponsel, ada baiknya membandingkan ponsel dengan kelas yang sama agar tidak menyesal di kemudian hari. Kamu dapat membandingkan spesifikasi ponsel melalui internet kemudian menyesuaikannya dengan kebutuhan seperti untuk game, fotografi, performa baterai, konektivitas, desain, dan layar.

Selain dapat membandingkan data teknis ponsel, kamu juga dapat menggunakan daftar harga untuk membandingkan harga jual ponsel tersebut. Kamu bisa memilih e-commerce yang menawarkan ponsel pilihan kamu dengan harga terbaik.

4. Saat belanja bisa melalui aplikasi resmi

6 Tips membeli smartphone lewat online shop agar aman, jangan tergiur harga murah (Foto: Freepik.com/tirachardz)

Beberapa toko online kini juga mengembangkan mobile apps yang menawarkan konsumen kemampuan melakukan transaksi melalui ponsel. Sebaiknya membeli handphone secara online melalui aplikasi resmi milik toko online tersebut, dan bukan melalui aplikasi yang dibuat pihak ketiga guna melindungi data pribadi dari pihak yang tidak bertanggung jawab.

Selain itu, membeli ponsel secara online melalui aplikasi seluler terkadang harganya sedikit lebih murah daripada membelinya melalui situs web, karena pasar yang berbeda menawarkan kode diskon yang hanya dapat diterapkan melalui aplikasi seluler.

5. Periksa ketersediaan dan kelengkapan barang

6 Tips membeli smartphone lewat online shop agar aman, jangan tergiur harga murah (Foto: Freepik.com/Photoroyalty)

Kamu juga harus memeriksa ketersediaan barang agar pengiriman dapat dilakukan dengan cepat. Kamu bisa menanyakan langsung atau melihat jumlah barang yang ada dalam stok yang biasanya tertera di halaman penjualan.

Selain itu, beberapa pasar juga menawarkan sistem pre-order untuk produk ponsel baru. Saat ingin melakukan pemesanan, perhatikan tanggal pengiriman yang dijanjikan agar kamu bisa mengetahui perkiraan waktu kedatangan barang yang kamu pesan. Saat membeli produk baru, perhatikan perlengkapan standar pabrikan, kamu bisa mengetahuinya melalui video unboxing di YouTube misalnya.

6. Periksa deskripsi barang dengan jelas

6 Tips membeli smartphone lewat online shop agar aman, jangan tergiur harga murah (Foto: Freepik.com/senivpetro)

Sebelum membeli ponsel secara online, jangan lupa membaca deskripsi ponsel dengan cermat. Karena mungkin saja produk yang kamu incar mungkin memiliki spesifikasi berbeda yang perlu kamu ketahui terlebih dahulu sebelum mengambil keputusan untuk membelinya.

Dengan membaca deskripsi, kamu dapat mengetahui detail penawaran, memastikan bahwa itu sesuai dengan produk yang kamu inginkan dan berapa harga yang harus bayar.

Kamu harus mengetahui perbedaan spesifikasi sejak awal untuk memastikan menerima produk yang memenuhi harapan kamu. Juga, periksa garansi ponsel dalam deskripsi apakah ponsel yang ingin kamu beli tercakup dalam garansi resmi atau hanya garansi dealer.

(brl/red)