6 Tips membeli smartphone lewat online shop agar aman, jangan tergiur harga murah

6 Tips membeli smartphone lewat online shop agar aman, jangan tergiur harga murah

Techno.id - Berbelanja online saat ini sudah menjadi kelaziman. Kehadiran marketplace dan e-commerce memudahkan orang untuk berbelanja tanpa harus keluar rumah. Tinggal klik, transaksi, pesanan akan diantar ke rumah.

Berbagai kebutuhan pun sekarang sudah bisa kamu dapatkan dengan berbelanja online mulai dari kebutuhan pokok, hingga membeli gadget. Hanya saja, saat berbelanja online prinsip teliti sebelum membeli harus tetap diterapkan agar tidak zonk. Apalagi untuk membeli smartphone via online.

Berikut tips berbalanja smartphone secara online agar aman yang berhasil dirangkum Techno.id.

1. Kenali reputasi toko atau seller

6 Tips membeli smartphone lewat online shop agar aman, jangan tergiur harga murah (Foto: Freepik.com/tirachardz)

Sebelum membeli smartphone via online, sebaiknya kamu mengetahui reputasi dan rekam jejak toko penjual. Jika ada toko yang menawarkan smartphone jauh di bawah harga pasar sebaiknya hindari. Sebab, jangan-jangan smartphone yang ditawarkan merupakan barang rekondisi.

Jadi jangan tertipu dengan harga murah. Ingat, ada rupa ada harga. Lagi-lagi kamu harus memeriksa secara teliti. Caranya bisa melihat dari ulasan pembeli lain di toko tersebut. Jika belum banyak atau malah tidak ada ulasan terhadap toko tersebut, sebaiknya cari di toko lain saja.

2. Jangan malu bertanya

6 Tips membeli smartphone lewat online shop agar aman, jangan tergiur harga murah (Foto: Freepik.com/jcomp)

Akan lebih baik jika kamu membeli smartphone secara online melalui toko online yang memungkinkan penjual dan pembeli saling berinteraksi. Di sini kamu bisa bertanya kepada penjual berbagai hal tentang barang yang kamu cari.

Selain itu, interaksi dengan penjual akan memudahkan kamu menyelesaikan klaim jika terjadi kesalahan saat pengiriman atau jika barang yang diterima rusak.

Beberapa e-commerce memberikan fungsi obrolan di halaman penjualan, fungsi FAQ, fungsi pesan. Sebelum bertransaksi, kamu bisa mengajukan pertanyaan kepada penjual secara real time. Jika respons penjual lama, sebaiknya cari toko lain.

Magang : Zadun Naja

(brl/red)