6 Kebiasaan mengisi daya ini bisa membuat masa pakai baterai MacBook kamu bertahan lebih lama

6 Kebiasaan mengisi daya ini bisa membuat masa pakai baterai MacBook kamu bertahan lebih lama

Techno.id - Ketika kamu membeli MacBook baru, pasti mendapatkan daya tahan baterai yang prima. Namun, seiring berjalannya waktu, daya tahan baterai MacBook akan menurun secara perlahan namun pasti.

Penurunan daya baterai merupakan hal yang wajar terjadi pada baterai lithium-ion yang digunakan pada MacBook, ponsel pintar, dan sebagian besar gadget. Oleh karena itu, tidak ada cara untuk menjaga baterai MacBook tetap sehat 100%.

Namun, kamu dapat memperpanjang masa pakai baterai MacBook dengan menerapkan kebiasaan pengisian daya yang optimal. Berikut 6 kebiasaan yang harus kamu perhatikan untuk memperpanjang masa pakai baterai MacBook.

1. Jangan mengisi penuh atau menguras baterai

6 Kebiasaan mengisi daya ini bisa membuat masa pakai baterai MacBook kamu bertahan lebih lama foto: unsplash/masaaki komori

MacBook menggunakan baterai lithium-ion. Baterai lithium-ion bisa bermasalah jika kamu mengisi daya hingga penuh karena rentan terhadap panas berlebih, yang pada akhirnya mengurangi masa pakainya.

Sebaliknya, mengosongkan baterai lithium-ion secara total juga sama buruknya. Disarankan kamu menjaga pengisian daya antara 30% dan 80% untuk masa pakai baterai yang maksimal.

2. Gunakan pengisi daya resmi Apple

6 Kebiasaan mengisi daya ini bisa membuat masa pakai baterai MacBook kamu bertahan lebih lama foto: unsplash/homemade media

Ketika kamu membeli MacBook baru, Apple selalu menyertakan adaptor daya dan kabel pengisian daya USB-C. Menggunakan adaptor daya dan kabel pengisi daya resmi selalu disarankan karena dioptimalkan untuk memastikan kesehatan baterai dalam jangka panjang.

Selain itu pengisi daya MacBook resmi juga lebih aman digunakan. Meski begitu ada juga beberapa pengisi daya MacBook pihak ketiga yang sangat baik yang dapat kamu gunakan. Namun gunakan pengisi daya MacBook pihak ketiga yang berkualitas.

3. Mengaktifkan fitur pengisian baterai yang dioptimalkan

6 Kebiasaan mengisi daya ini bisa membuat masa pakai baterai MacBook kamu bertahan lebih lama foto: unsplash/marcin nowak

Pengisian Daya Baterai yang Dioptimalkan adalah fitur yang tersedia di MacBook. Fitur ini mempelajari rutinitas pengisian daya harian dan mengoptimalkan pengisian daya untuk membantu memperpanjang masa pakai baterai. Fitur ini dimaksudkan untuk mengurangi keausan baterai.

Fitur ini bekerja dengan menunda pengisian daya baterai hingga melewati 80%. Pada saat yang sama, fitur ini juga memastikan baterai sudah terisi penuh pada saat kamu mencabut pengisi daya.

Kamu dapat mengaktifkan Pengisian Daya Baterai yang Dioptimalkan di macOS dari Pengaturan Sistem. Di panel kiri, pilih Baterai, lalu pilih tombol Info (i) yang berdekatan dengan Kesehatan Baterai dan aktifkan Pengisian Daya Baterai yang Dioptimalkan.

(brl/red)