Gunakan 8 Tips ini untuk meningkatkan daya tahan baterai smartphone Android kamu

Gunakan 8 Tips ini untuk meningkatkan daya tahan baterai smartphone Android kamu

Techno.id - Dalam beberapa tahun terakhir, teknologi smartphone terus berinovasi, mulai dari desain, kamera, layar yang semakin besar, hingga prosesor yang semakin kuat. Berbagai inovasi ini membutuhkan daya baterai yang cukup besar,

Namun, dari sisi teknologi baterai justru belum banyak terobosan untuk mendukung beragam inovasi fitur smartphone yang terus berkembang. Untuk mengatasinya, sejumlah produsen smartphone menawarkan 'pengisian cepat' dan 'mode daya', solusi yang masih belum terlihat keampuhannya.

Karena itu, pengguna mesti memahami tips dan trik untuk membantu mendapatkan hasil maksimal dari baterai smartphone. Berikut caranya.

1. Matikan getaran dan umpan balik haptic

Gunakan 8 Tips ini untuk meningkatkan daya tahan baterai smartphone Android kamu foto: freepik/val suprunovich

Banyak pengguna menyukai getaran ringan saat mengetik di keyboard smartphone atau saat mengetuk tombol kapasitif, namun getaran tersebut menyerap daya yang cukup besar. Karena itu dengan mematikan 'umpan balik haptic' akan membantu kamu menghemat banyak baterai. Apalagi Sebagian besar pengguna menghabiskan banyak waktu untuk mengetik sepanjang hari.

Selain itu, jika kamu tidak benar-benar perlu mendapatkan pemberitahuan melalui getaran, matikan saja. Sebab, dibutuhkan lebih banyak daya baterai untuk menggetarkan smartphone daripada membunyikannya.

2. Matikan deteksi kata kunci Google yang "Selalu Aktif"

Gunakan 8 Tips ini untuk meningkatkan daya tahan baterai smartphone Android kamu foto: freepik

Mematikan deteksi Kata Kunci Google juga akan meningkatkan daya tahan baterai smartphone Android. Hal ini akan mencegah smartphone selalu siap mendengarkan perintah kamu untuk melakukan fungsi pencarian. Berikut cara untuk mematikannya.

1. Buka Aplikasi

2. Pengaturan

3. Layanan Google

4. Penelusuran & Sekarang

5. Suara

6. Klik pada 'OK deteksi Google'

7. Matikan menu Selalu Aktif

Jika smartphone kamu memiliki layar AMOLED, maka menerapkan wallpaper berwarna hitam akan membantu menghemat masa pakai baterai. Hal ini karena piksel yang membuat layar AMOLED hanya menggunakan daya baterai untuk menerangi warna-warna terang dan tidak memerlukan energi untuk menampilkan warna hitam. Sederhananya, semakin banyak piksel gelap atau hitam yang kamu miliki pada layar AMOLED, semakin sedikit daya yang dikonsumsi untuk menerangi mereka, sehingga menghemat baterai.

3. Menyesuaikan aplikasi mana yang menggunakan lokasi

Gunakan 8 Tips ini untuk meningkatkan daya tahan baterai smartphone Android kamu foto: freepik

Sebagian besar aplikasi yang terinstal di smartphone (Android/iOS) secara konstan melacak lokasi. Kamu mungkin tidak ingin mematikannya saat menggunakan Google Maps, Uber, mengirim lokasi di WhatsApp, Tinder, dan lain sebagainya.

Namun, membiarkannya tetap menyala sepanjang hari ketika kamu tidak membutuhkan pelacakan lokasi hanya akan menghabiskan baterai smartphone. Matikan saat kamu hanya menggunakan smartphone untuk menonton video, mengirim email, dan aplikasi yang tidak memerlukan pelacakan lokasi.

4. Jangan lewatkan pembaruan Android

Gunakan 8 Tips ini untuk meningkatkan daya tahan baterai smartphone Android kamu foto: freepik

Memperbarui aplikasi mungkin terlihat sebagai tugas yang merepotkan, tetapi sebenarnya hal ini membantu dalam meningkatkan kinerja ponsel cerdas dan masa pakai baterai secara keseluruhan. Hal ini karena pengembang terus memperbarui aplikasi untuk meningkatkan pengoptimalan baterai dan memori. Jadi, pastikan smartphone kamu telah menginstal aplikasi versi terbaru.

(brl/red)