6 Cara merawat baterai laptop yang tidak dapat dilepas, jangan selalu dicolok ke sumber listrik

6 Cara merawat baterai laptop yang tidak dapat dilepas, jangan selalu dicolok ke sumber listrik

Cara merawat baterai laptop

4. Menjaga baterai tetap terisi daya saat tidak digunakan

6 Cara merawat baterai laptop yang tidak dapat dilepas, jangan selalu dicolok ke sumber listrik foto: unsplash/andrew neel

Tingkat daya baterai laptop sangat penting, bahkan saat kamu tidak menggunakannya. Beberapa produsen merekomendasikan agar baterai disimpan dengan daya 50-70% pada suhu antara 20-25 derajat Celcius. Jika kamu tidak akan menggunakan laptop untuk sementara waktu, cobalah untuk menyimpannya sedekat mungkin dengan kondisi ini.

Kamu tidak boleh menyimpan perangkat dalam waktu yang lama dengan baterai yang hampir habis. Sebab, mungkin kamu tidak akan pernah bisa menggunakannya lagi.

5. Cek daya tahan baterai

6 Cara merawat baterai laptop yang tidak dapat dilepas, jangan selalu dicolok ke sumber listrik foto: freepik/user16766420

Ini adalah fakta yang tidak dapat dihindari bahwa kapasitas baterai laptop akan berkurang sedikit setiap kali diisi ulang. Sejumlah perangkat baterainya memiliki masa pakai antara 300 hingga 500 siklus pengisian daya, setelah itu kapasitasnya akan turun hingga 80%. Siklus pengisian daya biasanya diukur dengan mengisi ulang kapasitas penuh baterai dalam kombinasi apa pun. Misalnya satu kali pengisian daya 100%, dua kali pengisian daya 50%, satu kali pengisian daya 50% dan dua kali pengisian daya 25%, dan seterusnya.

Oleh karena itu, setelah satu tahun hingga 18 bulan, kamu mungkin mulai menyadari bahwa baterai tidak bertahan selama sebelumnya. Pada titik ini, kamu mungkin ingin mulai berfokus pada berbagai metode untuk memperpanjang masa pakai baterai laptop.

6. Periksa jumlah siklus baterai laptop

6 Cara merawat baterai laptop yang tidak dapat dilepas, jangan selalu dicolok ke sumber listrik foto: unsplash/sebastiaan chia

Sangat mudah untuk memeriksa jumlah siklus baterai laptop baik Windows maupun Mac. Pada Windows 10 dan 11, kamu bisa mendapatkan laporan baterai penuh dengan membuka command prompt dan mengetik powercfg /batteryreport.

Dengan menggunakan File Explorer, arahkan ke folder yang tercantum di jendela command prompt di mana kamu akan menemukan file bernama battery-report.html yang berisi rincian penggunaan dan kapasitas baterai.

Sementara di MacOS, buka Tentang Mac Ini > Info lebih lanjut dan klik Laporan Sistem untuk laporan yang sama mendetailnya. Untuk metode MacOS yang lebih cepat, cukup tahan tombol Alt atau Option sambil mengklik ikon baterai di bilah status dan pilih Pengaturan Baterai.

Nah mulai sekarang, kamu jangan sekadar menggunakan laptop, tetapi kamu juga mesti menjaga baterai dengan merawatnya secara benar. Beberapa tindakan sederhana serta cara penggunaan laptop dengan benar terkadang dapat memperpanjang masa pakai baterai laptop.

(brl/red)