Cara memeriksa kesehatan baterai Apple Watch yang mulai menurun

Cara memeriksa kesehatan baterai Apple Watch yang mulai menurun

Techno.id - Sama seperti smartphone, penggunaan smartwatch dalam kurun waktu yang cukup lama akan mengurangi daya tahan baterai, tak terkecuali Apple Watch. Jika kamu penguna Apple Watch, jangan kaget jika dalam kurun waktu tertentu, daya tahan baterai kamu mulai menurun.

Daya tahan baterai yang menurun akan memengaruhi kinerja perangkat. Menurunnya daya tahan baterai juga disebabkan banyak faktor selain masa pemakaian. Daya tahan baterai jam tangan pintar juga bergantung pada cara kita menggunakannya.

Misalnya, jika kamu menggunakan jam tangan dengan semua fitur aktif seperti monitor detak jantung terus menerus, LTE selalu dihidupkan, pengukuran SpO2 secara teratur, Always on dihidupkan dan sebagainya, maka daya tahan baterainya akan relatif lebih cepat boros. Sebaliknya, jika kamu tidak terlalu sering menggunakan fitur-fitur tersebut, maka daya tahan baterainya akan jauh lebih baik.

Cara memeriksa kesehatan baterai Apple Watch yang mulai menurun foto: freepik/macrovector

Apple telah menawarkan opsi untuk memeriksa kesehatan baterai Apple Watch, sama seperti iPhone. Dengan menggunakan menu pengaturan, kamu dapat menentukan apakah kesehatan baterai baik-baik saja atau perlu diganti.

Untuk memeriksa kesehatan baterai Apple Watch, tekan Crown pada Apple Watch kamu untuk membuka app launcher. Lalu buka pengaturan kemudian pilih baterai dilanjutkan dengan memilih fitur kesehatan baterai.

Kamu akan melihat persentase baterai yang mengindikasikan kesehatan baterai. Jika kesehatan baterai lebih dari 80% maka kesehatan baterai baik-baik saja. Sebaliknya jika kurang dari 80%, maka baterai telah terdepresiasi secara signifikan dan kamu perlu mengambil tindakan.

Cara memeriksa kesehatan baterai Apple Watch yang mulai menurun foto: freepik

Nah jika kamu menemukan kondisi kesehatan baterai Apple Watch telah terdepresiasi, maka akan melihat opsi di mana Apple merekomendasikan untuk menghubungi dukungan pelanggan.

Di halaman dukungan resmi, Apple juga menyebutkan bahwa pengguna dapat memperbaiki baterai. Harap diperhatikan bahwa baterai tidak tercakup dalam garansi. Jadi, kamu mungkin harus mengeluarkan biaya untuk perbaikan atau penggantian baterai.

(brl/red)