6 Cara menggunakan hardisk lama sebagai penyimpanan eksternal, bisa untuk komputer hingga konsol game

6 Cara menggunakan hardisk lama sebagai penyimpanan eksternal, bisa untuk komputer hingga konsol game

Techno.id - Penyimpanan Solid State Drive (SSD) saat ini hampir menggantikan hardisk mekanis di sebagian besar komputer. Lantas jika kamu masih memiliki hard drive lama apakah harus dibuang?

Tentu saja hard drive lama tersebut masih dapat digunakan kembali untuk berbagai kegunaan, mulai dari pencadangan PC hingga penyimpanan ekstra untuk konsol game. Berikut beberapa manfaat dari hard drive lama yang bisa kamu gunakan.

1. Sebagai penyimpanan eksternal

6 Cara menggunakan hardisk lama sebagai penyimpanan eksternal, bisa untuk komputer hingga konsol game foto: freepik

Meskipun hard drive lama adalah drive internal, tetapi perangkat ini bisa kamu ubah menjadi drive USB portabel atau penyimpanan eksternal seperti flash drive biasa atau kartu SD.

Bahkan bisa lebih cepat daripada kebanyakan flash drive, terutama jika modelnya 7200rpm. Sebagian besar flash drive menggunakan penyimpanan murah yang melambat selama pembacaan dan penulisan berkelanjutan.

Kamu perlu menentukan apakah hard drive kamu adalah model 2,5 inci atau 3,5 inci. Drive 2,5 inci lebih kecil dan biasanya digunakan di laptop, sedangkan model 3,5 inci digunakan di sebagian besar komputer desktop. Kemudian kamu dapat membeli penutup untuk ukuran hard drive.

Untuk menggunakannya kamu memformat hard drive tersebut. Jika berencana menggunakannya sebagian besar dengan komputer Windows, memformatnya sebagai NTFS akan memberi fleksibilitas dan kinerja paling tinggi.

Jika akan menggunakannya dengan perangkat Apple, kamu dapat menggunakan Utilitas Disk di Mac untuk memformatnya sebagai APFS, yang juga memberi kamu opsi untuk mengenkripsinya dengan kata sandi.

Jika drive dulunya adalah disk boot di PC, mungkin ada partisi tersembunyi yang menghabiskan sebagian penyimpanan. Kamu dapat memilih seluruh disk untuk dihapus dengan Utilitas Disk di macOS, MiniTool Partition Wizard di Windows, atau aplikasi Disk di Ubuntu dan distribusi Linux terkait.

2. Untuk penyimpanan konsol game

6 Cara menggunakan hardisk lama sebagai penyimpanan eksternal, bisa untuk komputer hingga konsol game foto: freepik

Konsol game modern dirancang dengan solid state drive, sehingga waktu pemuatan untuk game diminimalkan, tetapi kebanyakan dari mereka memiliki port USB untuk penyimpanan sekunder yang potensial.

Kamu dapat menggunakan hard drive eksternal atau portabel, atau drive internal yang ditempatkan di enklosur USB. Hard drive tidak ideal untuk menjalankan game, tetapi sering kali dapat digunakan untuk mengarsipkan game tanpa menghapusnya, atau dapat digunakan untuk menyimpan rekaman layar dan tangkapan layar.

Jika memiliki PlayStation 5, kamu dapat menyimpan game PS5 dan PS4 di drive eksternal, tetapi game PS5 harus disalin kembali ke SSD internal sebelum kamu dapat memainkannya. PlayStation 4 dapat menyimpan dan menjalankan semua game dari drive eksternal, tetapi jika kamu menggunakan hard drive lama, mungkin akan lebih lambat daripada hard drive internal PS4.

Kedua konsol memerlukan drive dengan kapasitas minimal 250GB dan tidak lebih dari 8TB, dan drive yang lebih lambat mungkin tidak berfungsi sama sekali. Jika memiliki konsol Xbox Series X/S atau Xbox One, kamu dapat menyambungkan hard drive eksternal untuk menyimpan media yang disimpan (seperti tangkapan layar dan rekaman) atau game yang tidak digunakan.

Saat ingin memainkan game, kamu dapat memindahkannya kembali ke penyimpanan internal konsol. Kamu dapat memainkan game Xbox One, Xbox 360, atau Xbox asli langsung dari hard drive eksternal, tetapi mungkin akan lebih lambat daripada menjalankannya dari drive internal. Drive eksternal harus berukuran 128GB atau lebih besar, dan mungkin perlu diformat terlebih dahulu agar Xbox dapat mengenalinya.

Hanya saja cara ini tidak berfungsi untuk Nintendo. Sebab Nintendo Switch sama sekali tidak mendukung drive penyimpanan eksternal, hanya kartu microSD. Namun, Wii U yang lebih lama memang mendukung hard drive USB eksternal hingga 2TB, jadi itu adalah opsi jika kamu masih menggunakan sistem generasi terakhir Nintendo dan ini cocok dengan pengaturan homebrew.

3. Buat NAS

6 Cara menggunakan hardisk lama sebagai penyimpanan eksternal, bisa untuk komputer hingga konsol game foto: freepik

Salah satu kegunaan terbaik hard drive saat ini adalah untuk penyimpanan yang terhubung ke jaringan (Network Attached Storage/NAS). Kamu dapat memasukkan hard drive ke salah satu perangkat NAS untuk mengubahnya menjadi drive jaringan, penyimpanan untuk server Plex, kotak torrent, dan banyak lagi.

Unit NAS juga memudahkan pengaturan array RAID untuk mencerminkan data kamu di beberapa drive. Beberapa router kelas atas memiliki port USB untuk menghubungkan hard drive tanpa penutup NAS khusus.

Jika kamu menggunakan kembali beberapa drive, drive tersebut mungkin tidak memiliki kapasitas penyimpanan yang sama. Jika demikian, siapkan array RAID dan penyimpanan cermin lainnya akan dibatasi pada penyimpanan umum terendah.

Misalnya, jika kamu menginginkan penyimpanan yang dicerminkan dengan drive 512GB dan drive 1TB, kamu akan dibatasi hingga total 512GB dengan sebagian besar pengaturan.

Jika kamu ingin menyiapkan server streaming media untuk Plex atau kasus penggunaan lain yang lebih berat, kamu akan menginginkan perangkat NAS kelas atas dengan kekuatan pemrosesan yang lebih besar.

4. Untuk mencadangkan PC

6 Cara menggunakan hardisk lama sebagai penyimpanan eksternal, bisa untuk komputer hingga konsol game foto: freepik

Hard drive juga merupakan pilihan yang bagus untuk membuat cadangan lokal komputer kamu, selama drive masih dalam kondisi prima. Windows memiliki alat pencadangan bawaan, Riwayat File, dan di Mac kamu dapat mengonfigurasi drive sebagai drive Time Machine. Kedua opsi memungkinkan kamu untuk mengecualikan folder yang tidak perlu dicadangkan. Ada beberapa solusi berbeda untuk sistem Linux, seperti rsync.

Fitur Time Machine Apple mengharuskan seluruh partisi dihapus, jadi jika kamu ingin tetap menggunakan drive untuk penyimpanan biasa, kamu perlu membuat partisi baru menggunakan Utilitas Disk. Setelah itu, kamu dapat memilih salah satu partisi yang akan digunakan untuk Time Machine, dan yang lainnya untuk file lain.

Fitur Riwayat File Microsoft di Windows tidak menghapus drive target, itu hanya menambahkan folder ke dalamnya, jadi kamu tidak perlu mempartisi apa pun. Riwayat File dan Time Machine akan menghapus cadangan yang lebih lama saat drive terisi hingga kapasitas maksimum.

5. Untuk drive boot USB

6 Cara menggunakan hardisk lama sebagai penyimpanan eksternal, bisa untuk komputer hingga konsol game foto: freepik

Drive USB yang dapat di-boot adalah cara utama untuk menginstal, memperbaiki, atau menguji Windows dan Linux, tetapi kamu biasanya hanya dapat memiliki satu sistem operasi pada drive dalam satu waktu. Jika kamu memiliki hard drive eksternal atau drive di enklosur USB, kamu dapat membuat drive dengan beberapa image disk yang dapat di-boot dan tetap digunakan untuk penyimpanan file.

Hard drive bukanlah media tercepat untuk menjalankan sistem operasi, tetapi bisa lebih cepat daripada flash drive. Jika kamu memformat drive, kamu dapat menyimpan banyak gambar berbeda yang dapat di-boot pada drive yang sama, dan tetap menggunakannya untuk penyimpanan file biasa.

(brl/red)