6 Cara memperbaiki pembaruan iOS yang macet, pastikan koneksi internet lancar

6 Cara memperbaiki pembaruan iOS yang macet, pastikan koneksi internet lancar

6 Cara memperbaiki pembaruan iOS yang macet

4. Hapus perangkat lunak beta atau pembaruan yang tidak lengkap

6 Cara memperbaiki pembaruan iOS yang macet, pastikan koneksi internet lancar foto: tangkapan layar/techno.id/yani andriyansyah

Jika sebelumnya kamu telah mengunduh iOS beta atau pembaruan yang tidak lengkap, hampir pasti akan menyebabkan pembaruan gagal.

Cara mengatasinya adalah dengan menghapus instalasi iOS beta atau menghapus paket instalasi pembaruan sebelumnya. Untuk melakukan yang terakhir, buka Pengaturan iPhone, buka Umum > Penyimpanan iPhone, dan gulir ke bawah daftar aplikasi sampai kamu menemukan Pembaruan Perangkat Lunak. Ketuk, lalu pilih Hapus Pembaruan.

Setelah menghapus file pembaruan, kamu dapat membuka Umum > Pembaruan Perangkat Lunak untuk memulai ulang pembaruan.

5. Matikan pembatasan konten dan privasi

6 Cara memperbaiki pembaruan iOS yang macet, pastikan koneksi internet lancar foto: tangkapan layar/techno.id/yani andriyansyah

Kebanyakan orang mengaktifkan Pembatasan Konten dan Privasi untuk memblokir diri mereka atau orang lain agar tidak bisa menginstal dan menghapus aplikasi. Ini juga merupakan fitur yang bagus untuk orang tua yang ingin membatasi anak-anak mereka mengakses konten tertentu.

Jika sebelumnya kamu telah mengaktifkan pembatasan konten untuk pembelian iTunes dan App Store, pembaruan iOS tidak akan berhasil.

Untuk mencabut pembatasan, buka Pengaturan > Waktu Layar > Pembatasan Konten dan Privasi. Kamu dapat mematikan semua pembatasan dengan menonaktifkan sakelar di bagian atas halaman atau mengizinkan akses untuk kategori tertentu. Misalnya, ketuk Pembelian iTunes & App Store untuk membuat aturan akses yang disesuaikan untuk menginstal atau menghapus app.

6. Memeriksa halaman status sistem Apple

6 Cara memperbaiki pembaruan iOS yang macet, pastikan koneksi internet lancar foto: freepik/rawpixel.com

Ketika Apple merilis pembaruan iOS baru, pengguna iPhone di seluruh dunia bergegas mengunduhnya. Hal ini dapat menyebabkan server Apple terbebani, sehingga mengakibatkan downtime yang akan menyebabkan pembaruan iOS terhenti.

Hal ini jarang terjadi, tetapi masalah ini tidak dapat dikesampingkan. Kemungkinan server pembaruan Apple telah gagal. Untuk memastikannya, kunjungi halaman Status Sistem Apple dan periksa lingkaran hijau untuk layanan yang berhubungan dengan pembaruan seperti App Store, Akun iCloud, dan lain sebagainya. Jika tidak ada lingkaran hijau, berarti ada masalah sistem, dan kamu harus menunggu sampai Apple memperbaikinya.

(brl/red)