WhatsApp menghabiskan terlalu banyak ruang penyimpanan smartphone, begini cara mengosongkannya

WhatsApp menghabiskan terlalu banyak ruang penyimpanan smartphone, begini cara mengosongkannya

Techno.id - WhatsApp telah menjadi sarana komunikasi online yang penting saat ini. Sistem kontak berbasis nomor telepon ini telah menjadi pengganti yang popular untuk SMS operator selular.

Tetapi berapa banyak kamu harus mengorbankan ruang penyimpanan akibat penggunaan WhatsApp? Sudah bukan rahasi lagi jika aplikasi ini memakan begitu banyak ruang. Berikut ini adalah cara agar WhatsApp bisa menggunakan lebih sedikit ruang penyimpanan di ponsel.

1. Nonaktifkan unduhan otomatis

WhatsApp menghabiskan terlalu banyak ruang penyimpanan smartphone, begini cara mengosongkannya foto: tangkapan layar/techno.id/yani andriyansyah

Ketika pertama kali menginstal WhatsApp, pengaturan defaultnya diatur untuk mengunduh media secara otomatis ketika kamu terhubung ke Wi-Fi. Media ini benar-benar dapat memenuhi ruang penyimpanan ponsel, terutama jika kamu berada dalam obrolan grup yang besar dan aktif.

Jadi, hal pencegahan pertama yang harus kamu lakukan adalah mematikan pengunduhan otomatis. Berikut cara melakukannya di iPhone.

1. Buka WhatsApp dan ketuk profil kamu di sudut kanan bawah menu.

2. Ketuk Penyimpanan dan Data dan gulir ke bagian Unduhan Otomatis Media.

3. Ketuk setiap baris jenis media dan pilih Jangan.

4. Opsional, kamu dapat memilih Wi-Fi hanya untuk audio

Untuk melakukan ini pada ponsel Android, ikuti langkah-langkah berikut.

1. Buka WhatsApp dan ketuk tiga titik di sudut kanan atas.

2. Pilih Pengaturan, pilih Penyimpanan dan data, dan gulir ke bagian Unduhan otomatis media.

3. Sentuh Saat menggunakan data selular dan nonaktifkan semua jenis media.

4. Sentuh Saat tersambung ke Wi-Fi dan nonaktifkan jenis media yang kamu inginkan

Cara ini juga merupakan salah satu kiat utama untuk menghemat data di WhatsApp. Sekarang, kamu dapat memilih dengan tepat apa yang ingin kamu unduh.

2. Menghapus file media WhatsApp

WhatsApp menghabiskan terlalu banyak ruang penyimpanan smartphone, begini cara mengosongkannya foto: tangkapan layar/techno.id/yani andriyansyah

Setelah menonaktifkan unduhan otomatis, cara berikutnya yang harus kamu lakukan adalah menemukan file media yang tidak kamu perlukan dan menghapusnya. Jika kamu menyimpan foto dan video ke galeri ponsel, kamu dapat menghapusnya langsung dari sana. Tetapi akan lebih mudah jika kamu mengelola media WhatsApp dalam aplikasi.

WhatsApp memiliki pengelola media yang menampilkan berapa banyak ruang yang digunakan dibanding dengan aplikasi lain di ponsel. Manajer ini juga mengatur obrolan dan media sesuai dengan berapa banyak ruang yang mereka gunakan. Berikut cara menggunakannya.

1. Pada pengaturan WhatsApp, buka Penyimpanan dan Data dan pilih Kelola Penyimpanan.

2. Gunakan bagian Tinjau dan Hapus Item untuk melihat file media yang lebih besar dari 5 MB. Pilih dan hapus file yang tidak kamu perlukan lagi.

3. Kembali ke Kelola Penyimpanan.

4. Gulir ke bagian Obrolan dan Saluran, dan kamu akan melihat semua obrolan kamu diurutkan berdasarkan berapa banyak ruang yang digunakan.

5. Sentuh salah satu obrolan, dan kamu dapat menghapus file media secara khusus berdasarkan obrolan per obrolan.

Halaman kelola penyimpanan sama di iPhone dan ponsel Android.

3. Mengaktifkan pesan yang menghilang

WhatsApp menghabiskan terlalu banyak ruang penyimpanan smartphone, begini cara mengosongkannya foto: unsplash/christian wiediger

Meta memperkenalkan pesan yang menghilang ke WhatsApp pada tahun 2020 dan memperluas fitur tersebut untuk memungkinkan pengguna mengaktifkannya secara default untuk semua atau obrolan tertentu. Tetapi fitur ini tidak hanya berguna untuk alasan privasi, tetapi juga merupakan cara yang bagus untuk mengelola ruang.

Kamu akan menemukan opsi untuk mengaktifkan pesan yang menghilang di bagian Kelola Penyimpanan pada pengaturan WhatsApp. Kamu dapat menemukannya dengan mengetuk Profil kamu > Penyimpanan dan Data di iPhone atau Pengaturan > Penyimpanan dan Data di ponsel Android.

Ketuk Aktifkan Pesan yang Menghilang dan pilih Pengatur Waktu Pesan Default untuk mengatur hitungan mundur default kapan pesan yang kamu kirim dan terima akan hilang. Jika kamu ingin lebih selektif, ketuk Terapkan Pengatur Waktu ke Obrolan untuk memilih obrolan yang ingin kamu tempatkan pesan menghilang.

Setelah itu, semua obrolan yang dimulai sejak kamu mengaktifkan fitur ini akan secara otomatis terhapus setelah waktu yang ditentukan.

Sebelum mulai menggunakannya, kamu harus membaca semua yang bisa tentang pesan menghilang WhatsApp. Fitur ini memiliki kelebihan, tetapi juga memiliki kekurangan dan keterbatasan.

(brl/red)