3 Cara membuat ZIP di ponsel Android, bisa menghemat ruang dan mudah berbagi file

3 Cara membuat ZIP di ponsel Android, bisa menghemat ruang dan mudah berbagi file

Techno.id - Format file ZIP memungkinkan pengguna mengompres file dan folder besar menjadi satu file yang lebih kecil. Kamu dapat mengekstrak file-file ini kapan pun diperlukan.

Nah membuat file ZIP itu mudah dan kamu dapat melakukannya di perangkat apa pun yang dimiliki, termasuk ponsel Android. Namun sebelum kamu melakukannya, tak ada salahnya untuk mengetahui apa yang dimaksud dengan file ZIP?

3 Cara membuat ZIP di ponsel Android, bisa menghemat ruang dan mudah berbagi file foto: freepik/rawpixel

ZIP adalah format file yang memungkinkan mengompres file tanpa kehilangan data sekaligus mengurangi ukurannya. Satu file ZIP dapat berisi beberapa file dan folder. Format ZIP adalah format file terkompresi yang paling umum di antara format lain yang serupa seperti RAR, TAR, dan GZip.

Untuk menggunakan file terkompresi, kamu memerlukan aplikasi khusus untuk membuka kompresi atau ekstrak file tersebut. Kamu juga memerlukan aplikasi pihak ketiga untuk mengompres file dan folder menjadi file ZIP. Beberapa aplikasi Android yang umum digunakan untuk membuat file ZIP adalah ZArchiver, WinZip, dan RAR. Berikut cara menggunakan semuanya.

1. Cara membuat file ZIP dengan Zarchiver

3 Cara membuat ZIP di ponsel Android, bisa menghemat ruang dan mudah berbagi file foto: play.google

Setelah kamu mengunduh ZArchiver dari Google Play Store, ikuti langkah-langkah berikut untuk membuat file ZIP di ponsel.

1. Atur file dan folder yang ingin kamu kompres ke dalam satu folder menggunakan pengelola file.

2. Luncurkan ZArchiver, cari folder yang telah diatur, dan tekan lama.

3. Ketuk Kompres ke *.zip untuk memulai kompresi file.

4. Pantau bilah status yang muncul hingga mencapai 100%.

File ZIP kamu seharusnya sudah siap dan kamu dapat menemukannya di tempat yang sama dengan folder asli di pengelola file.

(brl/red)