3 Aplikasi alternatif pengganti WordPad yang bisa kamu gunakan di Windows

3 Aplikasi alternatif pengganti WordPad yang bisa kamu gunakan di Windows

Techno.id - Masih ingat dengan keputusan Microsoft yang menghentikan dukungan untuk WordPad belum lama ini? WordPad telah bertahun-tahun tanpa pembaruan, membuat penggunanya kehilangan fitur-fitur baru pada aplikasi editor teks ini.

Setelah bertahun-tahun tidak ada kabar, Microsoft melalui Microsoft Learn akhirnya mengonfirmasi skenario terburuk dan menyatakan bahwa mereka tidak akan lagi mendukung WordPad.

Raksasa perangkat lunak ini tidak menjelaskan secara rinci apakah WordPad masih akan muncul sebagai aplikasi di Microsoft Store di masa mendatang. Namun, meskipun Microsoft menghadirkan WordPad ke Microsoft Store untuk pengguna Windows, sekarang adalah saat yang tepat untuk mencari aplikasi baru.

Ada banyak alternatif yang lebih baik daripada WordPad, beberapa di antaranya berasal dari Microsoft, yang bisa kamu gunakan sebagai penggantinya.

1. Microsoft Word dan Notepad

3 Aplikasi alternatif pengganti WordPad yang bisa kamu gunakan di Windows foto: microsoft

Microsoft menyarankan pengguna beralih ke Microsoft Word atau Notepad. Word adalah yang terbaik untuk dokumen teks yang kaya seperti file DOC dan RTF, dan Notepad lebih cocok untuk dokumen teks biasa seperti file TXT.

Meskipun Notepad gratis untuk digunakan, pengguna tidak dapat menggunakan semua fitur Microsoft Word tanpa membeli langganan Microsoft 365.

2. Google Docs

3 Aplikasi alternatif pengganti WordPad yang bisa kamu gunakan di Windows foto: google

Jika kamu tidak menyukai apa yang ditawarkan Microsoft, maka bisa mencari di tempat lain. Sebagai contoh, Google Docs adalah pengolah kata berbasis web yang dapat menggantikan WordPad dan menawarkan pengguna akses ke banyak fitur yang berguna seperti berkolaborasi dengan orang lain secara real-time, dan banyak lagi. Karena berbasis web, pengguna bisa mengakses file Google Docs di perangkat apa pun yang bisa menjalankan peramban web.

3. LibreOffice Writer

3 Aplikasi alternatif pengganti WordPad yang bisa kamu gunakan di Windows foto: libreoffice

LibreOffice Writer adalah alat pengolah kata gratis lain yang dapat menggantikan WordPad. Aplikasi ini memungkinkan pengguna membuat dokumen dasar dan kompleks. Dari membuat surat, memo, hingga menulis buku yang lengkap. Seperti halnya Microsoft Word dan Google Docs, pengguna juga dapat menggunakan LibreOffice di peramban.

(brl/red)