6 Cara membuat ponsel Android lama terasa seperti baru kembali

6 Cara membuat ponsel Android lama terasa seperti baru kembali

Techno.id - Ponsel cerdas adalah salah satu perangkat yang relative mahal. Karena itu ada baiknya selalu menjaga ponsel cerdas kamu dalam kondisi yang baik untuk memperpanjang masa pakainya dan tentu saja menghemat uang.

Beberapa langkah sederhana akan memperpanjang umurnya sambil memastikannya berfungsi seperti baru. Nah untuk ponsel cerdas Android yang lama, kamu bisa meremajakannya membuatnya terasa baru. Berikut cara melakukannya.

1. Ganti casing dan pelindung layar

6 Cara membuat ponsel Android lama terasa seperti baru kembali foto: freepik/eyeem

Jika casing ponsel kotor dan pelindung layar tergores, sebaiknya segera diganti. Berikan kesan baru pada ponsel dengan casing berwarna cerah, hasil akhir transparan, atau sesuatu yang unik. Ada banyak pilihan gaya yang tersedia di pasaran. Kamu juga dapat memilih antara plastik keras dan bahan silikon lembut dengan tonjolan dan lekukan yang ergonomis jika menginginkan pegangan yang lebih baik.

Selain itu kamu sebaiknya mengganti pelindung layarnya juga. Setelah bertahun-tahun digunakan, ini mungkin tidak memberikan kinerja visual atau sentuhan terbaik. Pelindung layar kaca temper cenderung retak setelah beberapa lama penggunaan. Sementara pelindung layar berbahan plastik lunak mudah tergores dan membentuk gelembung.

Untungnya, pelindung layar relatif murah. Pelindung layar yang baru akan sangat membantu meningkatkan warna layar ponsel dan melindunginya dari jatuh dan kerusakan lainnya.

2. Bersihkan ponsel, port charger, dan lensa

6 Cara membuat ponsel Android lama terasa seperti baru kembali foto: freepik

Kotoran dan debu pasti menumpuk di sekitar port pengisian daya, lensa, dan bingkai jika ponsel lama tersimpan di dalam casing selama bertahun-tahun. Mengganti casing adalah waktu yang tepat untuk menghilangkan kotoran yang menumpuk di bawahnya dan membuat ponsel terlihat bersih dan berkilau.

Kamu hanya membutuhkan kain mikrofiber yang dicelupkan ke dalam disinfektan berbahan dasar alkohol untuk bodi dan tusuk gigi kayu untuk membersihkan area yang sulit dijangkau seperti port pengisi daya dan jaring speaker.

Ponsel biasanya akan menyedot minyak, kotoran, dan bakteri dari jari kamu setiap hari. Pembersihan rutin akan membuatnya tetap terlihat baru, tanpa noda atau sidik jari yang mengurangi kualitas tampilan. Disarankan agar pengguna ponsel berat membersihkan ponsel mereka seminggu sekali dan mendisinfeksi layar mereka setidaknya sekali sehari untuk mencegah penumpukan kotoran dan kuman.

3. Hapus aplikasi yang tidak digunakan

6 Cara membuat ponsel Android lama terasa seperti baru kembali foto: freepik

Kita semua memiliki aplikasi yang diunduh untuk dicoba. Tetapi tidak semua aplikasi digunakan. Nah sebaiknya kamu hapus aplikasi yang jarang digunakan agar tidak memenuhi ruang penyimpanan dan memori ponsel.

Aplikasi yang tidak digunakan ini menghabiskan sumber daya dan seringkali invasif, mengacaukan layar, menyimpan data, dan mengirim pemberitahuan yang tidak diinginkan. Menghapus aplikasi lama adalah salah satu cara terbaik untuk membuat ponsel Android terasa baru kembali.

Kebanyakan pengguna memiliki puluhan aplikasi di ponsel dan mungkin sulit untuk mengetahui mana yang harus dihapus dan mana yang harus disimpan tanpa memilah-milahnya. Android menyederhanakan ini dengan filter sederhana untuk mengurutkan berdasarkan nama, ukuran, dan tanggal terakhir digunakan. Kamu juga dapat menggunakan filter Diinstal oleh Kamu jika khawatir akan menghapus aplikasi sistem yang penting.

(brl/red)