10 Cara menjaga kesehatan baterai iPhone agar lebih awet dan bertahan lama

10 Cara menjaga kesehatan baterai iPhone agar lebih awet dan bertahan lama

Techno.id - Baterai lithium-ion di iPhone secara alami akan menurun seiring waktu penggunaan. Oleh karena itu, sangat penting untuk menjaga baterai iPhone agar dapat bertahan selama mungkin. Berikut adalah beberapa cara untuk memperlambat penurunan daya baterai di iPhone.

1. Hindari memaksimalkan siklus pengisian daya

10 Cara menjaga kesehatan baterai iPhone agar lebih awet dan bertahan lama foto: freepik/lashkhidzetim

Menurut Apple, setelah sekitar 500 siklus pengisian daya, iPhone hanya mempertahankan hingga 80% dari kapasitas baterai aslinya. Kamu melewati siklus pengisian daya saat kamu menghabiskan 100% baterai iPhone. Misalnya, kamu menghabiskan 50% kemarin dan 50% lainnya hari ini.

Jadi, secara umum, semakin sedikit kamu menggunakan iPhone, semakin sedikit siklus pengisian daya yang kamu lalui dan semakin lama baterai akan bertahan. Kamu dapat memeriksa berapa banyak siklus baterai yang telah dilalui iPhone tanpa menggunakan aplikasi.

Selain itu, menjaga perangkat tetap terisi penuh atau benar-benar terkuras dapat berdampak negatif pada kesehatan baterai iPhone. Untuk alasan ini, kamu harus berusaha menjaga baterai perangkat antara 40% dan 80% sebanyak mungkin untuk menjaga kesehatan baterai iPhone.

2. Matikan fitur yang tidak perlu

10 Cara menjaga kesehatan baterai iPhone agar lebih awet dan bertahan lama foto: freepik

Untuk menggunakan lebih sedikit siklus pengisian daya dan menjaga kesehatan baterai iPhone, kamu harus mematikan fitur apa pun yang tidak benar-benar diperlukan. Misalnya, sebaiknya matikan fitur yang haus daya seperti Penyegaran Aplikasi Latar Belakang. Buka Pengaturan > Umum > Penyegaran Aplikasi Latar Belakang > Penyegaran Aplikasi Latar Belakang > Nonaktif untuk melakukannya.

Untuk lebih menghemat masa pakai baterai di iPhone dan mendapatkan hasil maksimal dari pengisian daya baterai penuh, kamu dapat mematikan layar selalu aktif dan mengaktifkan kecerahan otomatis sehingga iPhone secara otomatis mengurangi kecerahan layar kapan pun itu sesuai dengan lingkungan. Untuk mengaktifkan kecerahan otomatis, buka Pengaturan > Aksesibilitas > Tampilan & Ukuran Teks dan aktifkan Kecerahan Otomatis.

3. Jangan tinggalkan iPhone terlalu lama tanpa baterai terisi daya

10 Cara menjaga kesehatan baterai iPhone agar lebih awet dan bertahan lama foto: freepik/denis barysau

Sel yang membentuk baterai lithium-ion memiliki masa pakai yang terbatas, artinya kamu harus menjaga baterai iPhone jika ingin terus menuai manfaat dari perangkat. Salah satu pembunuh terbesar baterai ponsel cerdas adalah membiarkannya mati total.

Sebab, ketika sel baterai habis dan dibiarkan seperti itu untuk waktu yang lama, sel tersebut dapat memasuki kondisi pengosongan yang dalam dan tidak akan pernah berfungsi lagi.

Untungnya, baterai iPhone masih menyimpan daya cadangan meskipun dimatikan untuk menghindari masalah ini. Tetapi jika iPhone mati, kamu harus ingat untuk mengisi dayanya kembali sesegera mungkin. Untuk menghindarinya, manfaatkan mode Daya Rendah iPhone saat baterai berada pada 20% atau lebih rendah hingga kamu kembali mendapatkan sumber daya untuk mengisi baterai.

4. Jangan biarkan iPhone terisi daya semalaman

10 Cara menjaga kesehatan baterai iPhone agar lebih awet dan bertahan lama foto: freepik/user16766420

Banyak orang mengisi daya ponsel mereka dalam semalam karena ini dianggap pilihan yang paling nyaman. Namun, mengisi daya ponsel dalam semalam bisa menjadi hal yang buruk karena pengisian daya iPhone yang berlebihan seperti ini dapat mengakibatkan baterai rusak dan mengurangi masa pakai ponsel.

Pengisian daya yang berlebihan sering merusak baterai karena memaksa lebih banyak arus ke dalam sel yang sudah penuh. Ini berarti iPhone menghabiskan sebagian besar malamnya dengan daya 100%, yang berdampak buruk bagi kesehatan baterai.

Untungnya, iOS memiliki fitur Pengisian Daya Baterai yang Dioptimalkan untuk membantu menjaga kesehatan baterai iPhone. Kamu dapat mengaktifkannya dengan masuk ke Pengaturan > Baterai > Kesehatan & Pengisian Baterai dan mengaktifkan Pengisian Daya Baterai yang Dioptimalkan.

Jika kamu mematikan daya ponsel pada waktu yang hampir bersamaan setiap hari, iPhone akan mempelajari pola ini dan menghindari pengisian daya hingga 100% sampai saat kamu membutuhkannya.

5. Hindari mengisi daya dan menggunakan ponsel secara bersamaan

10 Cara menjaga kesehatan baterai iPhone agar lebih awet dan bertahan lama foto: freepik/rawpixel.com

Tidak ada salahnya melihat beberapa pesan dan menelusuri media sosial untuk sementara waktu. Namun, hindari terlibat dalam sesi bermain game atau menonton streaming video yang berkepanjangan saat mengisi daya iPhone.

Game multipemain misalnya, cenderung menyebabkan iPhone menjadi terlalu panas. Mengisi daya perangkat secara bersamaan hanya akan memperburuk masalah dan memengaruhi kesehatan baterai dalam jangka panjang. Oleh karena itu, sebaiknya rencanakan isi daya perangkat secukupnya sebelumnya untuk menjaga baterai iPhone.

(brl/red)