6 Alasan mengapa smartphone kamu lambat saat mengisi daya, nomor 6 sebaiknya dihindari

6 Alasan mengapa smartphone kamu lambat saat mengisi daya, nomor 6 sebaiknya dihindari

Techno.id - Masa pakai baterai smartphone sampai saat ini masih menjadi masalah yang sering dihadapi pengguna. Tidak sedikit pengguna yang harus mengisi daya perangkat mereka lebih dari satu kali dalam sehari.

Masalah baterai smartphone semakin rumit ketika saat diisi daya justru berjalan lambat meski sudah menggunakan pengisi daya cepat. Jika sudah begini, kamu harus menelusuri pada perangkat pengisi daya dan smartphone.

Berikut beberapa alasan atau penyebab pengisian daya perangkat kamu berjalan lambat yang berhasil dirangkum Techno.id dari berbagai sumber.

1. Aksesoris yang buruk

6 Alasan mengapa smartphone kamu lambat saat mengisi daya, nomor 6 sebaiknya dihindari foto: freepik

Alasan paling umum mengapa pengisian daya ponsel lebih lambat dari sebelumnya mungkin tidak ada hubungannya dengan smartphone itu sendiri. Sebaliknya, kamu mungkin memiliki kabel atau adaptor yang buruk.

Kabel USB sering digunakan, terutama di rumah dengan banyak pengguna dan perangkat. Kabel ini sering terjatuh, bengkok, disimpan di lokasi yang suhunya dapat sangat bervariasi, dan bahkan terinjak. Karena itu, sebelum hal lain, ganti kabel dan lihat apakah itu menghilangkan masalah.

Kamu juga harus mematikan adaptor dan melihat apakah itu membuat perbedaan. Apakah kamu terus menggunakan adaptor yang sama bahkan setelah membeli ponsel baru? Coba gunakan adaptor yang lebih baru.

Idealnya, gunakan pengisi daya berkualitas. Yang disertakan dengan ponsel kamu adalah yang terbaik. Jika kamu membeli beberapa merek acak yang tidak dikenal, kamu mungkin menemukan bahwa itu tidak mengisi daya secepat kemampuan ponsel.

2. Sumber daya yang lemah

6 Alasan mengapa smartphone kamu lambat saat mengisi daya, nomor 6 sebaiknya dihindari foto: freepik/pvproductions

Banyak orang suka mengisi daya perangkat selular mereka menggunakan port di komputer. Ini tidak selalu menjadi solusi yang ideal, tergantung pada usia komputer. Biasakan menggunakan sumber listrik langsung untuk mengisi daya ponsel. Dengan kata lain, selalu gunakan pengisi daya dinding. Pastikan kamu menggunakan pengisi daya yang aman.

3. Masalah port pengisian daya

6 Alasan mengapa smartphone kamu lambat saat mengisi daya, nomor 6 sebaiknya dihindari foto: freepik/pvproductions

Kabel bukan satu-satunya elemen yang dapat mengalami masalah akibat pengisian daya harian. Port pengisian daya ponsel juga dapat mengalami kerusakan. Lihatlah port apakah ada korosi atau penyumbatan.

Gunakan senter untuk melihat bagian dalam port ponsel. Cobalah untuk menghilangkan benda apa pun seperti serat, debu, dan lain sebagainya. Verhati-hatilah saat membersihkan agar tidak menyebabkan kerusakan pada komponen port.

Kamu dapat menggunakan tusuk gigi plastik atau kayu dengan hati-hati untuk menghilangkan benda apa pun yang melekat pada port. Menggunakan sikat kecil dan lembut di dalam port juga bagus.

(brl/red)