Ini penjelasan mengapa baterai smartphone saat ini hanya mampu bertahan sehari

Ini penjelasan mengapa baterai smartphone saat ini hanya mampu bertahan sehari

Techno.id - Ponsel cerdas telah ada dalam kehidupan kita selama hampir dua dekade. Selama itu, mungkin kita telah melihat berbagai perkembangan teknologi smartphone yang semakin canggih. Namun, satu hal yang yang tetap sama sampai sekarang, kamu harus mengisi daya ponsel cerdas setiap hari.

Lantas, mengapa masa pakai baterai tidak menjadi lebih baik seiring dengan perkembangan fitur smartphone yang lain? Tampilan resolusi tinggi yang lebih besar, prosesor yang kuat, fitur perangkat lunak yang cerdas, dan kecepatan data yang lebih cepat hanyalah beberapa peningkatan selama bertahun-tahun. Namun dengan semua kemajuan teknologi tersebut, pengguna masih mengisi daya ponsel saya setiap hari.

Sebelum munculnya ponsel cerdas, ponsel dapat bertahan selama beberapa hari dengan sekali pengisian daya. Tentu saja, ponsel cerdas jauh lebih canggih daripada perangkat tersebut, tetapi bukankah seharusnya baterai juga semakin maju?

Yang benar adalah bahwa masa pakai baterai untuk sebagian besar ponsel cerdas sangat buruk. Sebenarnya teknologi baterai lebih baik selama bertahun-tahun, tetapi kemajuannya sangat kecil dibanding dengan yang dibuat dalam chip, layar, dan komponen ponsel cerdas lainnya.

Sayangnya, baterai pada smartphone saat ini masih didasarkan pada teknologi dari tahun 1990-an. Ada kemajuan besar dalam teknologi baterai antara tahun 1980-an dan 1990-an, tetapi banyak hal mengalami stagnasi sejak saat itu.

(brl/red)